Selasa, 06 Jul 2021 11:47 WIB

11 Aplikasi Telemedicine yang Layani Obat Gratis untuk Isoman COVID-19

Ardela Nabila - detikHealth
Penumpang bus AKAP yang akan mudik dan kembali dari kampung halaman antre menjalani tes cepat antigen di Terminal Terpadu Pulo Gebang,  Jakarta Timur, Selasa (18/5/2021). Penumpang yang hasil tesnya reaktif wajib menjalani isolasi mandiri di ruangan yang disediakan di terminal sebelum menjalani tes usap PCR dan dibawa ke rumah sakit bila positif Covid-19. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai melakukan uji coba layanan konsultasi jarak jauh dan obat-vitamin gratis di 11 platform telemedicine Pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri atau isoman bisa memanfaatkannya.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, uji coba layanan tersebut akan dilakukan di DKI Jakarta, mulai Selasa (6/7/2021). Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap, mulai dari konsultasi dokter hingga pengiriman obat.

Dijelaskan, layanan tersebut tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis dan akan menyasar pasien terpapar virus Corona yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala di rumah masing-masing.

Sementara itu, pasien yang masuk ke dalam kategori pasien yang bisa menjalani isolasi mandiri adalah pasien yang tidak mengalami sesak napas, saturasi oksigen di atas 95 persen, serta tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta berbahaya.

Terkait teknis telemedicine tersebut, Pemerintah hingga saat ini sudah memiliki 742 laboratorium PCR yang tersebar di seluruh Indonesia yang sudah terintegrasi dengan sistem 11 telemedicine yang disediakan Kemenkes.

Artinya, apabila hasil PCR di 742 laboratorium tersebut dinyatakan positif, maka pasien bisa mendapatkan layanan telemedicine dengan gratis.

Berikut ini 11 aplikasi telemedicine yang bisa diunduh oleh pasien COVID-19 untuk mendapatkan layanan konsultasi hingga obat gratis selama isolasi mandiri di rumah.

1. YesDok

Aplikasi telemedicine yang juga disediakan oleh Kemenkes adalah YesDok, yakni platform yang menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan obat yang sesuai dengan gejala dan memberikan petunjuk penggunaan medis.

2. GetWell

Aplikasi besutan BayWest Wellness Inc ini menyediakan layanan konsultasi dokter yang bisa menghubungkan pasien dengan dokter profesional melalui konsultasi video, audio, atau teks. Tersedia di Android dan iOS, melalui platform ini nantinya pasien bisa berkonsultasi dan mendapat obat secara gratis.

3. ProSehat

Memberikan fasilitas konsultasi dokter selama 24 jam, aplikasi telemedicine ini juga menyediakan layanan rapid test, imunisasi, vaksinasi, serta pembelian alat kesehatan, obat, dan vitamin ke rumah masing-masing pasien.

4. Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi layanan kesehatan yang memiliki berbagai fitur untuk para pasiennya, mulai dari chat dengan dokter, membeli produk kesehatan, hingga bisa terhubung dengan asuransi yang dimiliki. Melalui aplikasi ini, pasien COVID-19 bergejala ringan di rumah bisa konsultasi dan mendapatkan obat-obatan tanpa mengeluarkan biaya apapun.

5. KlikDokter

Beroperasi selama 24 jam, aplikasi besutan Medika Komunika Teknologi ini memberikan layanan live chat dengan dokter. Di aplikasi ini, pasien juga bisa membaca berbagai artikel kesehatan dan informasi pelayanan medis lainnya.

6. KlinikGo

Menghubungkan homecare on demand berbasis klinik maupun praktek mandiri dengan pasien, KlinikGo merupakan mitra resmi Kemenkes dalam penanganan COVID-19. Fitur yang disediakan pun hampir mirip dengan aplikasi lainnya, salah satunya adalah layanan konsultasi dengan berbagai dokter.

7. Link Sehat

Merupakan media alternatif untuk konsultasi dengan dokter, pasien bisa berkonsultasi gejala medis yang dirasakan saat menjalani isolasi mandiri di rumah melalui ruang chat. Dokter yang memberikan konsultasi pun merupakan dokter yang sudah memiliki surat izin praktek.

Selain itu, fitur pada platform besutan Link Medis Sehat developer ini bisa memberikan rekomendasi dokter atau rumah sakit, hingga hitungan biaya berobat di dalam dan luar negeri.

8. Milvik Dokter

Menerapkan sistem langganan bulanan, aplikasi ini menyediakan layanan dokter 24 jam hingga asuransi rawat inap. Pasien nantinya dapat berkonsultasi terkait nutrisi, kondisi medis, kesehatan mental, sampai penyakit kronis.

Aplikasi ini juga bisa membantu pasien mencari rumah sakit, klinik, apotek, hingga laboratorium terdekat.

9. Good Doctor

Telemedicine yang satu ini menyediakan layanan dokter pribadi yang akan terus siap sedia selama 24 jam. Selain itu, pasien juga bisa berkonsultasi dengan dokter serta menerima rekomendasi obat dengan gratis.

10. SehatQ

Melalui aplikasi SehatQ, pasien COVID-19 di rumah bisa berkonsultasi dengan dokter dan tim medis yang juga dapat memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat. Selain itu, untuk menunjang masa pemulihan, pasien akan diberikan obat atau vitamin yang dibutuhkan.

11. Alodokter

Untuk mendampingi pasien terpapar virus Corona, aplikasi Alodokter menyediakan layanan dokter pribadi yang dapat memberikan dukungan mental dan bimbingan medis yang intensif.

Dokter pribadi yang tergabung dalam layanan ini terdiri dari berbagai dokter spesialis. Untuk mendapatkan fasilitas ini, pasien bisa mendaftarkan diri di lewat aplikasi ini.



Simak Video "Perhatikan! Begini Alur Pengobatan COVID Gratis Via Telemedicine "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)