Rabu, 14 Jul 2021 09:30 WIB

Jangan Sembarangan! Ini Cara Buang Masker Medis Sekali Pakai

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
Limbah masker medis. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19 penggunaan masker menjadi sebuah kewajiban karena menjadi salah satu upaya menghindari infeksi virus Corona. Apalagi sejak kasus COVID-19 di Indonesia melonjak dalam beberapa waktu terakhir serta munculnya varian virus delta.

Masyarakat bahkan diminta untuk memakai masker rangkap atau double mask, yakni menggunakan masker medis kemudian dilapis dengan masker kain di bagian luar. Namun, perlu diingat masker medis bukanlah barang yang bisa dipakai berulang kali, melainkan hanya sekali pakai dengan jangka waktu maksimal 6 jam dan setelahnya harus dibuang.

Membuang masker medis ini tak boleh sembarangan, melainkan ada tata caranya supaya masker tidak menjadi medium penyebaran virus Corona. Berikut panduannya dikutip dari laman covid19.go.id.

Robek Masker

Masker medis yang dibuang sembarangan rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk mencegahnya, Anda harus mengubah bentuk masker bekas pakai tersebut. Jangan dibuang dalam keadaan utuh. Sebaiknya gunting masker di bagian tali. Atau bisa juga dengan merobek masker di bagian tengah.

Kumpulkan Masker Bekas Pakai

Seperti kita ketahui, idealnya masker digunakan tidak lebih dari 6 jam. Hal ini karena dapat mengurangi efektivitas masker. Jika Anda menggunakan masker medis selama beraktivitas, dalam sehari mungkin ada beberapa masker bekas yang harus dibuang. Kumpulkan terlebih dahulu masker bekas pakai tersebut dalam 1 wadah sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Desinfektan

Setelah masker terkumpul, segera lakukan desinfeksi pada masker tersebut. Caranya adalah dengan merendam masker bekas pakai pada larutan desinfektan. Anda juga bisa menggunakan larutan klorin atau pemutih.

Buang ke Tempat Sampah

Jika sudah direndam dalam cairan desinfektan dan sudah digunting, selanjutnya masker sudah aman untuk dibuang. Buang masker bekas pakai ke tempat sampah. Sebaiknya gunakan kantong plastik transparan guna mempermudah petugas medis dalam mengelola limbahnya.

Cuci Tangan

Jaga kebersihan tangan adalah hal yang tidak boleh dilupakan, terutama setelah membuang limbah masker bekas pakai. Setelah seluruh tahapan tersebut selesai, bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir. Atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

Sebagai informasi, untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19 masyarakat diminta untuk tetap #ingatpesanibu dengan #mentaatiprotokolkesehatan dan juga mengikuti #vaksinasi. Sebab #vaksinmelindungikitasemua dari penyebaran COVID-19 yang masih masif di Tanah Air.



Simak Video "KuTips: Cara Bedakan Masker Bedah Asli vs Palsu!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)