Rabu, 14 Jul 2021 06:00 WIB

Viral Colok Bawang Putih untuk Hidung Tersumbat, Waspada Bahayanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Garlic on wooden cutting board Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita
Jakarta -

Di media sosial TikTok viral cuplikan video orang-orang mencoba memasukkan bawang putih ke dalam hidung. Hal ini diklaim bisa membantu melancarkan hidung tersumbat.

Dalam video-video yang beredar para netizen memasukkan satu siung bawah putih utuh ke dalam tiap lubang hidung selama 15 menit. Setelah itu, saat bawang putih dicabut tampak langsung keluar ingus dari hidung.

"Ini tidak berbahaya. Bawang putih hanya membersihkan sinus Anda," tulis salah satu pengguna TikTok.

Ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dr Neil Bhattacharyya dari Harvard Medical School menegaskan praktik memasukkan bawang putih ke lubang hidung sebetulnya berbahaya. Salah satu risiko yang bisa terjadi adalah timbul dermatitis kontak.

American Academy of Dermatology menjelaskan dermatitis kontak sebagai gejala pada kulit dalam bentuk ruam, gatal, dan bintil-bintil akibat terpapar zat pemicu reaksi alergi.

"Bila Anda melakukan ini dalam waktu yang cukup lama, tubuh akan mulai bereaksi terhadap minyak dan senyawa bawang putih sampai menyebabkan dermatitis kontak di dalam hidung," kata dr Neil seperti dikutip dari Shape, Selasa (13/7/2021).

"Ada siung bawang putih yang kuat. Jadi ketika cukup banyak senyawa kimia dan minyak yang masuk ke hidung, pasti akan terjadi iritasi," lanjutnya.

Ada kemungkinan juga siung bawang putih yang dimasukkan ke dalam hidung tersangkut, tidak bisa lagi dicabut keluar.



Simak Video "Hoax Vaksin Timbulkan Varian Baru dan Sebabkan Kematian Dalam 2 Tahun!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)