Rabu, 14 Jul 2021 17:45 WIB

COVID-19 Tembus 54 Ribu Kasus Sehari, Inikah Penyebabnya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Per Rabu (14/7/2021), penambahan kasus baru COVID-19 RI mencapai rekor baru dengan jumlah kasus 54.517 sehingga total konfirmasi menjadi 2.670.046. Di samping itu, kasus kematian bertambah 991 menjadikan total 69.210.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi menyebut, rekor penambahan kasus ini sebenarnya disebabkan peningkatan jumlah testing dan perbaikan sistem pelaporan sehingga data jumlah kasus baru dan kematian lebih terbaca.

"Kalau melihat kenaikan konfirmasi positif akhir-akhir ini adalah seiring dengan kenaikan jumlah testing dan adanya perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan," beber dr Nadia dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/7/2021).

"Kami perlu sampaikan, peningkatan angka kematian dan konfirmasi positif adalah dikarenakan adanya sistem verifikasi secara otomatis pada lab pemeriksaan yang menghilangkan proses verifikasi secara berjenjang sehingga pelaporan menjadi lebih transparan dan tepat waktu," lanjutnya.

Menurutnya, peningkatan jumlah testing juga memengaruhi kestabilan positivity rate. Akan tetapi, pencapaian jumlah tes COVID-19 yang sesuai target ia sebut baru terjadi di DKI Jakarta.

"Positivity rate kita cenderung stabil. Hal ini juga sejalan dengan upaya peningkatan testing, di mana target yang harus kita capai adalah 324 ribu orang yang dites per hari. Peningkatan kasus yang masih terjadi dikarenakan besarnya penularan yang terjadi dalam masyarakat," imbuh dr Nadia.

"Namun baru DKI Jakarta yang mencapai target jumah tes harian dengan kecepatan penambahan tes yang diamati dalam 10 hari terakhir," pungkasnya.

(vyp/fds)