Jumat, 16 Jul 2021 06:29 WIB

Kondisi Terkini 6 Negara yang Sudah Bebas Masker Tapi Coronanya Naik Lagi

Firdaus Anwar - detikHealth
1292342044 Foto: Getty Images/iStockphoto/Teerasak1988

5. Australia

Hampir sepanjang pandemi Australia tidak menerapkan kebijakan pembatasan yang luas dan aturan wajib masker. Ini disebut karena reaksi cepat pemerintah yang langsung melakukan lockdown singkat bila ada tanda-tanda peningkatan kasus di satu daerah.

Hanya saja sejak kemunculan varian Delta kini salah satu kota terbesar Australia, Sydney, harus menjalani lockdown ketat.

6. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) jadi negara yang terdampak cukup parah selama pandemi COVID-19. Kasus harian COVID-19 di AS sempat menjadi yang terbesar di dunia hingga akhirnya program vaksinasi diluncurkan dan perlahan kasus berkurang.

Beberapa negara bagian yang memiliki kasus COVID-19 rendah dan tingkat cakupan vaksinasi tinggi kemudian melonggarkan pembatasan termasuk aturan wajib masker. Hal ini juga didasari oleh rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) yang sempat mendukung kebijakan lepas masker bagi orang-orang sudah divaksinasi.

Secara nasional kasus COVID-19 di AS masih dianggap rendah dibandingkan sebelumnya. Hanya saja beberapa negara bagian mengalami lonjakan kasus hingga akhirnya kembali menerapkan kebijakan pakai masker.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)