Jumat, 16 Jul 2021 18:02 WIB

Belanda Bikin Konser Musik Sebabkan 1.000 Orang Positif Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
People take part in a music concert in Barcelona, Spain, Saturday, March 27, 2021. Five thousand music lovers are set to attend a rock concert in Barcelona on Saturday after passing a same-day COVID-19 screening to test its effectiveness in preventing outbreaks of the virus at large cultural events. The show by Spanish rock group Love of Lesbian has the special permission of Spanish health authorities. While the rest of the country is limited to gatherings of no more than four people in closed spaces, the concertgoers will be able to mix freely while wearing face masks. (AP Photo/Emilio Morenatti) Ilustrasi konser musik pandemi COVID-19 (Foto: AP/Emilio Morenatti)
Jakarta -

Lebih dari 1.000 orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona setelah menghadiri acara festival yang dihadiri 20.000 orang di Utrecht, Belanda.

Otoritas kesehatan setempat menduga virus itu menyebar selama dua hari, selama festival tersebut berlangsung. Hal tersebut berdampak pada tingginya jumlah infeksi yang didapat dari kasus tersebut.

Diketahui, acara festival musik tersebut sudah menerapkan metode test-for-entry. Maksudnya, pengunjung yang diizinkan masuk harus menunjukkan kode QR yang menunjukkan bahwa orang tersebut sudah divaksinasi dan dipastikan negatif COVID-19 melalui tes Corona.

Menanggapi kasus ini, Perdana Menteri sementara Belanda Mark Rutte meminta maaf atas kebijakan pelonggaran protokol kesehatan yang dilakukannya. Pihaknya merasa telah mengambil langkah yang salah.

"Kami membuat kesalahan dalam mengambil kebijakan di sana, kami menyesalinya dan meminta maaf untuk itu," kata Rutte yang dikutip dari Politico, Jumat (16/7/2021).

Ini adalah pertama kalinya banyak orang terinfeksi yang diidentifikasi dalam satu peristiwa di Belanda. Hingga saat ini, total kasus di Belanda sudah mencapai 1.766.102, dengan kasus sembuh 1.656.855 dan kematian 17.773 kasus.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)