ADVERTISEMENT

Senin, 19 Jul 2021 19:37 WIB

Ada Lebih dari 200 Gejala Long COVID, Ini yang Paling Banyak Dikeluhkan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal

Apa yang paling banyak dikeluhkan?

Gejala yang paling sering dilaporkan para pasien yang mengalami long Covid adalah seperti kelelahan, malaise (rasa dan tidak enak badan) setelah beraktivitas, disfungsi kognitif, atau kabut otak. Selain itu, gejala lainnya juga meliputi halusinasi visual, tremor, disfungsi ereksi, kehilangan memori, diare, serta berbagai masalah kesehatan fisik dan kognitif.

Dari 3.762 responden long Covid, sebanyak 2.454 di antaranya mengalami gejala selama enam bulan dan sangat mempengaruhi kehidupan mereka.

"Dalam tujuh bulan banyak pasien belum pulih, terutama dari gejala sistemik dan neurologis/kognitif, dan mereka tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya serta terus mengalami beban gejala yang signifikan," tulis peneliti tersebut.

Para peneliti juga mengungkapkan gejala long Covid tampaknya berangsur hilang setelah vaksinasi, tapi hanya pada beberapa pasien saja. Selain itu, peneliti menunjukkan wanita berisiko lebih besar terkena long Covid jika dibandingkan dengan pria.

Sekitar 1 dari 10 orang yang mengalami long Covid diperkirakan masih mengalami sejumlah gejala long Covid lebih dari 12 minggu, pasca dinyatakan negatif COVID-19.

Untuk itu, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk melihat gejala neurologis dan neuropsikiatri, serta kardiovaskuler dan pernapasan yang dialami para pengidap long Covid.

"Kemungkinan ada puluhan ribu pasien COVID-19 yang mengalami long Covid, tetapi tidak sadar bahwa mereka mengalaminya," kata Akrami.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "WHO Jelaskan Cara Mengidentifikasi Kondisi Long Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT