Rabu, 21 Jul 2021 15:45 WIB

Gusi Bengkak: Penyebab dan Obat Alami Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dentist doing a dental treatment on a female patient Ilustrasi gusi bengkak. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Tak hanya gigi, gusi juga rentan mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah gusi bengkak. Gusi bengkak ini bisa terjadi kapan saja dan banyak faktor penyebabnya.

Gusi bengkak tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman pada mulut. Tak hanya itu, gusi bengkak juga bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi jika sering diabaikan.

Umumnya, gusi yang bengkak terlihat menonjol keluar, memerah, hingga berdarah. Lalu, apa saja penyebabnya? Berikut detikcom rangkum dari berbagai sumber.

1. Radang gusi

Penyebab gusi bengkak yang paling umum adalah gingivitis atau radang gusi. Ini menyebabkan gusi menjadi iritasi dan bengkak, tetapi banyak orang yang tidak menyadari jika mengalami kondisi ini karena gejalanya yang sangat ringan.

Namun, jika tidak segera diobati gingivitis bisa menyebabkan kondisi yang jauh lebih serius seperti kehilangan gigi atau periodontitis.

Biasanya gingivitis ini disebabkan kebersihan mulut yang buruk, sehingga memungkinkan plak menumpuk di garis gusi dan gigi. Jika tidak segera diatasi bisa menjadi karang gigi.

2. Kehamilan

Gusi bengkak juga bisa terjadi selama masa kehamilan. Hal ini terjadi karena aliran hormon yang diproduksi tubuh selama kehamilan bisa meningkatkan aliran darah di gusi.

Peningkatan aliran darah ini bisa menyebabkan gusi mudah teriritasi hingga menyebabkan pembengkakan. Selain itu, perubahan hormonal ini bisa menghambat kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan infeksi gusi, sehingga peluang gusi bengkak lebih besar.

3. Malnutrisi

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C juga bisa memicu gusi bengkak. Jika kadar vitamin C di dalam tubuh terlalu rendah, bisa terkena penyakit kudis yang menyebabkan anemia hingga penyakit gusi.

4. Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus bisa menyebabkan gusi bengkak. Jika mengidap penyakit herpes, itu bisa menyebabkan kondisi yang disebut gingivostomatitis herpes akut, yang menyebabkan gusi bengkak.

Selain itu, sariawan juga bisa menyebabkan gusi bengkak. Kerusakan pada gigi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan abses gigi, yaitu pembengkakan gusi yang terlokalisasi.

Jika gusi bengkak, bagaimana mengatasinya? Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Strategi Menkes dan Mendikbud Jaga Keberlangsungan PTM Tetap Aman"
[Gambas:Video 20detik]