Rabu, 21 Jul 2021 15:45 WIB

Gusi Bengkak: Penyebab dan Obat Alami Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dentist doing a dental treatment on a female patient Ilustrasi gusi bengkak. (Foto: thinkstock)

Bagaimana mengobatinya?

Selain menggunakan obat-obatan, ada beberapa bahan alami di sekitar kita yang bisa dijadikan obat gusi bengkak. Berikut beberapa obat gusi bengkak yang bisa dicoba di rumah.

1. Kumur air garam

Cara mengatasi gusi bengkak yang paling mudah adalah berkumur dengan air garam. Selain mengatasi gusi bengkak, ini juga bisa menjadi obat gusi sakit.

Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi di jurnal PLOS One mencatat bahwa membersihkan sel-sel gusi dengan air asin atau air garam bisa merangsang penyembuhan luka. Caranya yaitu:

- Masukkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat.
- Aduk perlahan sampai garam larut dengan baik.
- Kemudian, berkumurlah selama 30 detik, lalu buang.
- Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari, untuk membantu mengurangi pembengkakan.

2. Kunyit

Gusi bengkak juga bisa diobati dengan kunyit. Bahan ini mengandung kurkumin yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang bisa membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan.

Caranya, campurkan seperempat sendok teh kunyit bubuk dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut pada gusi yang bengkak dengan jari yang bersih dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih dengan sedikit pijatan yang lembut.

3. Lidah buaya

Dikutip dari The Indian Spot, gusi bengkak, nyeri, dan berdarah juga bisa diobati dengan lidah buaya. Bahan satu ini mengandung anti-inflamasi serta antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak di mulut dan juga menenangkan gusi yang meradang.

Cara menggunakannya, ambil gel yang ada pada lidah buaya dan oleskan pada gusi yang bengkak atau sakit. Beri pijatan selama 1-2 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

4. Air lemon

Air lemon yang segar juga bisa menjadi pilihan obat gusi bengkak yang ampuh. Ini karena lemon mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, dan serat pektin yang bisa sebagai anti-inflamasi.

Selain itu, lemon juga memiliki sifat antibakteri yang tentunya bisa menjadi solusi terbaik untuk mengobati gusi yang bengkak.

Caranya, potong lemon menjadi dua bagian, lalu peras jusnya ke dalam air hangat. Jika tidak bisa mentolerir rasa asamnya, tambahkan air lemon ke dalam air sedikit demi sedikit.

Setelah itu, kumurlah dengan air tersebut sampai menyapu seluruh area mulut dan buang. Coba ulangi aktivitas tersebut sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

5. Kompres hangat dingin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan hangat dingin. Ini bisa membantu untuk meredakan nyeri dan sakit pada gusi yang bengkak. Bagaimana caranya?

- Rendam handuk bersih dengan air hangat lalu peras.
- Kompres bagian wajah di sekitar gusi yang bengkak selama lima menit.
- Ulangi sampai 2-3 kali lagi.
- Lakukan sampai 2-3 kali dalam sehari secara rutin sejak pertama kali gusi bengkak.

- Jika ingin dengan cara dingin, hancurkan es batu dan bungkus dengan handuk yang bersih.
- Kompres lagi di area wajah yang sama selama lima menit.
- Ulangi sampai 2-3 kali lagi.
- Lakukan sampai 2-3 kali dalam sehari secara rutin sejak pertama kali gusi bengkak.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Faktor Penyebab Munculnya Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19 di RI"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/kna)