Sabtu, 24 Jul 2021 17:03 WIB

Catat, Apotek yang Didatangi Jokowi Tak Layani 'Obat' COVID-19 Tanpa Resep!

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Apotek Villa Duta mendadak viral usai disambangi Presiden Joko Widodo saat mencari stok obat antivirus Oseltamivir hingga Azithromycin. Obat untuk terapi COVID-19 di Apotek Villa Duta, Bogor, tak bisa dibeli tanpa resep dokter. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Apotek Villa Duta di Bogor, Jawa Barat, mendadak viral usai didatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (23/7/2021) kemarin. Apotek ini menyediakan beberapa obat untuk terapi COVID-19, dari Oseltamivir hingga Azithromycin.

"Saya mau ini, mau cari obat antivirus yang Oseltamivir," tanya Jokowi.

Meski begitu, obat-obatan ini tidak bisa didapatkan dengan mudah. Pasalnya, pasien yang ingin membeli obat tersebut harus memiliki resep dari dokter.

"Kebanyakan minta langsung, karena mereka ada yang tes swab mandiri, karena ada gejala minta ini, langsung ke apotek dengan membawa hasil swab dan konsultasi," kata Herli, apoteker di Apotek Villa Duta, saat ditemui detikHealth, Sabtu (24/7/2021).

"Tapi kan kita tidak bisa mengeluarkan tanpa resep. Jadi kita sarankan untuk ke dokter dulu. Kalau sekarang harus pakai resep," lanjutnya.

Namun, saat ini ketersediaan berbagai macam obat antivirus dan antibiotik itu tengah kosong. Meski demikian, Herli mengatakan pihaknya sedang berusaha untuk menyediakan kembali obat-obatan tersebut.

"Kita sih sudah minta ke PBF (pedagang besar farmasi) cuma belum dikirim," tutur Herli.



Simak Video "Jokowi Harap 70% Lebih Warga Sudah Divaksinasi hingga Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)