Minggu, 25 Jul 2021 19:17 WIB

Perpanjang PPKM, Jokowi: Waspadai Varian Delta yang Sangat Menular!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Presiden Jokowi  sampaikan perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli Jokowi perpanjang PPKM Level 4 (Foto: Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden))
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 yang akan dilaksanakan mulai 26 Juli-2 Agustus 2021. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan aspek kesehatan, juga dengan adanya varian Delta.

"Tetap harus waspada menghadapi varian Delta yang sangat menular," katanya dalam konferensi pers di Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Jokowi mengatakan meski positivity rate mulai menunjukkan tren penurunan di beberapa wilayah di Indonesia, keputusan memperpanjang PPKM tetap harus dilakukan.

Gejala COVID-19 Varian Delta, Mudah Menular dan Jangkiti Usia MudaGejala COVID-19 Varian Delta, Mudah Menular dan Jangkiti Usia Muda Foto: infografis detikHealth

Namun ada beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat. Pasar rakyat diperbolehkan untuk buka seperti biasa dan pasar yang menjual selain kebutuhan pokok bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai pukul 15.00.

"Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 21," beber Jokowi.

Sementara itu warung makan dan lapak jajanan diizinkan buka sampai pukul 20.00 dan waktu makan pengunjung maksimal 20 menit.



Simak Video "Jumlah Virus Varian Delta 1620 Kali Lebih Tinggi dari Varian Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)