Senin, 26 Jul 2021 05:57 WIB

Round Up

Aturan 'Dine In' di Warung PPKM Level 4: Maksimal 20 Menit, 'Dilarang' Ngobrol

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sebagian pekerja kembali WFH saat PSBB kembali diterapkan. Hal ini membuat warung makan di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, sepi pembeli. Ilustrasi (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Beberapa pelonggaran diberlakukan dalam perpanjangan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 4 hingga 2 Agustus mendatang. Salah satunya, warung yang berada di ruang terbuka diperbolehkan melayani 'dine in' dengan beberapa pembatasan.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hal itu dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/7/2021).

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya, yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 20," jelas Luhut.

"Waktu maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit. Dan kami sarankan, selama makan karena waktu makan tidak pakai masker, jangan banyak berkomunikasi," lanjutnya.

Sebanyak 95 kabupaten-kota di Jawa-Bali akan menerapkan PPKM level 4 hingga 2 Agustus. Sementara itu di 33 wilayah dengan PPKM level 3, aturan 'dine in' di warung sedikit lebih longgar yakni dibatasi maksimal 30 menit.

Dalam paparannya, Luhut juga menyinggung tingginya angka kematian beberapa waktu belakangan. Karenanya. ia mendorong vaksinasi secara masif dan juga isolasi terpusat di level desa hingga provinsi.

"Hasil temuan kami, kematian yang meningkat akhir-akhir ini banyak mengenai orang-orang komorbid dan yang belum divaksin," sebut Luhut.



Simak Video "Apa yang Terjadi Jika PPKM Darurat Tidak Diperpanjang?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)