Senin, 26 Jul 2021 10:30 WIB

Cara Agar Indra Penciuman Kembali Normal saat Corona, Dilatih dengan Makanan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Mengapa Setelah Sembuh dari COVID-19 Tetap Kehilangan Indra Penciuman? Foto: ABC Australia

2. Konsumsi bawang putih

Kaya akan antioksidan, bawang-bawangan termasuk bawang putih dipercaya memiliki sederet manfaat terkait anti inflamasi dan kesehatan jantung. Namun di samping fungsi tersebut, aroma menyengat bawang putih bisa diandalkan untuk memulihkan anosmia secara perlahan. Sebab, sifat anti inflamasi asam ricinoleic penyusun aktif bawang putih dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan dalam saluran hidung.

Selain itu, bawang putih bersifat antibakteri sehingga bisa membersihkan endapan dahak pada saluran hidung dan membantu melegakan pernapasan.

Caranya, hancurkan 4-5 bawang putih dan masak dengan air mendidih selama 2 menit. Minum larutan hangat ini sebanyak 2 kali sehari.

3. Kunyah jahe

Jahe adalah bahan dapur yang sudah turun-temurun digunakan sebagai obat flu dan pelega tenggorokan. Selain berkat aroma yang kuat, kandungan aktif gingerol pada jahe memberikan rasa yang kuat sehingga bisa merangsang indera perasa dan penciuman.

Jahe juga bersifat antimikroba sehingga kerap diandalkan sebagai ekspektoran alami, membantu infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

Jika mau, potongan jahe bisa dikunyah langsung. Cara lainnya, jahe bisa diseduh menjadi teh untuk secara perlahan mengembalikan indra penciuman.

4. Minum lemon

Rasa asam yang kuat membuat lemon boleh dicoba untuk melatih indra perasa dan penciuman. Namun jika ingin dikonsumsi dalam dalam hidangan yang lebih nyaman, perasan lemon bisa dicampur dengan madu, atau diseduh dengan teh hangat.

Selain melatih penciuman sebagai cara agar indra penciuman kembali normal, lemon dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/kna)