Senin, 26 Jul 2021 11:36 WIB

3 Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin COVID-19 di PeduliLindungi.id

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta ditargetkan menembus 7,5 juta orang pada akhir Agustus. Hal ini merupakan arahan Presiden Jokowi kepada Forkopimda DKI. Vaksinasi COVID-19. (Foto ilustrasi: Andhika Prasetia)
Jakarta -

PeduliLindungi.id sertifikat vaksin COVID-19, kata kunci ini kerap dicari oleh sebagian masyarakat. Dalam situs web ini, warga yang sudah divaksinasi dapat mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 mereka.

Ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 di PeduliLindungi.id. Pertama, dengan membuka situs webnya dan membuat akun. Kedua, melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Ketiga, melalui SMS atau pesan singkat yang kamu terima dari nomor 1199 usai divaksinasi COVID-19.

Berikut detail cara mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19.

1. Lewat situs web

  • Lakukan pencarian PeduliLindungi.id sertifikat vaksin COVID-19 atau klik DI SINI untuk membuka situs web
  • Pilih menu LOGIN atau REGISTER di sudut kanan atas situs web
  • Apabila sudah memiliki akun, kamu bisa langsung mengklik 'Login Sekarang'. Namun, jika belum punya, kamu bisa membuat akunnya terlebih dahulu
  • Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19
  • Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim oleh PEDULICOVID melalui SMS
  • Kemudian klik 'Nama Akun' di sudut kanan atas situs web. Apabila kamu menggunakan ponsel, maka klik ikon 3-strip lalu pilih 'Nama Akun'
  • Klik 'Nama' yang muncul di 'Sertifikat Vaksin', kemudian masukkan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19
  • Apabila sertifikat vaksin COVID-19 belum tersedia, kamu bisa menghubungi call center 119 dengan extension 9 untuk mendapatkan bantuan.

2. Lewat aplikasi

  • Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store
  • Apabila baru pertama kali menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka kamu akan diarahkan untuk membuat akun. Masukkan nama lengkap, alamat email, dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan pendaftaran vaksinasi COVID-19
  • Masukkan kode OTP untuk verifikasi data, kode ini dikirimkan ke nomor ponsel yang dicantumkan
  • Pengguna akan diarahkan ke kolom Beranda
  • Pilih menu 'Akun' kemudian klik 'Sertifikat Vaksin'
  • Aplikasi akan menampilkan nama yang muncul di 'Sertifikat Vaksin', kemudian masukkan NIK untuk membuka dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19.

3. Lewat SMS

Setelah divaksinasi, umumnya kamu akan mendapat pemberitahuan melalui SMS dari nomor 1199. SMS ini berisikan nama lengkap, NIK, dan tautan untuk mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 melalui laman PeduliLindungi.id.

Untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin COVID-19, kamu bisa langsung mengklik tautan yang terdapat di dalam isi SMS tersebut.

Bagi yang sudah divaksinasi COVID-19 dan belum mendapat sertifikat vaksin mohon bersabar. Menurut Juru bicara vaksinasi dari Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, umumnya sertifikat vaksin COVID-19 baru bisa didapatkan setelah 7-10 hari kamu divaksinasi.

"Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat," sebut dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom Rabu (7/7/2021).

Perlu dicatat, setelah kamu berhasil mengakses PeduliLindungi.id sertifikat vaksin, ada baiknya untuk tidak mengumbar sertifikat vaksin COVID-19 di media sosial, untuk menghindari penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena sertifikat ini berisikan informasi penting tentang data diri.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)