Senin, 26 Jul 2021 13:49 WIB

Menkes Komentari Prediksi Akhir Pandemi: Nggak Pernah Ada yang Benar

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pertanyaan kapan pandemi COVID-19 berakhir seringkali dilontarkan masyarakat. Sudah banyak pakar juga memberikan prediksi berakhirnya pandemi yang sudah berlangsung hampir 2 tahun di Indonesia dan seluruh dunia.

"Banyak orang bertanya ke saya, kapan pandemi ini akan berakhir. Saya bilang terus terang saya nggak tahu," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers daring, Senin (26/7/2021).

"Tapi saya lihat banyak orang bikin prediksi yang lalu, nggak pernah ada yang benar juga," sambungnya.

Meski tak ada yang tahu pasti kapan berakhirnya pandemi, Menkes tetap optimis penyakit yang sudah menginfeksi lebih dari 2 juta orang warga Indonesia ini akan selesai. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mempercepat pandemi berakhir.

"Pandemi ini akan berakhir, tergantung kita. Kalau kita disiplin menjalankan protokol kesehatan otomatis virus akan makin menurun penularannya dan yang masuk rumah sakit makin sedikit," sebut Menkes.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Dirut Bank Mandiri ini juga menyampaikan kebutuhan obat terapi pasien COVID-19 mengalami peningkatan. Beberapa obat-obatan yang banyak dicari saat ini adalah Azithromycin, Oseltamivir, dan Favipiravir.



Simak Video "Jawaban Menkes saat Ditanya Kapan Pandemi COVID-19 Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)