Selasa, 27 Jul 2021 10:15 WIB

Makan di Warung Boleh Sampai 20 Menit, Olahraga di Tempat Umum Bagaimana?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM level 4 di sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satu aturan terkait kebijakan tersebut adalah bolehnya makan di warung makan namun durasi dibatasi.

Warung makan, penjaja jajanan, pedagang kaki lima, dan yang sejenis boleh buka hingga pukul 20.00 waktu setempat. Masyarakat diperbolehkan makan di tempat namun dengan durasi maksimal 20 menit.

Aturan lainnya seperti mal dan pusat perbelanjaan masih ditutup sementara. Kegiatan lain yang menimbulkan keramaian juga ditiadakan, termasuk olahraga di tempat umum.

"Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) ditutup sementara," demikian dikutip dari Instruksi Mendagri PPKM Level 4 No 24 tahun 2021.

Selain itu kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) ditutup sementara.

PPKM level 4 ini berlaku mulai 26 Juli-2 Agustus mendatang. Aturan ini diambil untuk menekan laju penularan kasus COVID-19 di Indonesia.

(kna/up)