Selasa, 27 Jul 2021 13:43 WIB

Virus Corona Lokal dari Indonesia Masuk Daftar Varian yang Diawasi WHO

Firdaus Anwar - detikHealth
3D ILLUSTRATION VIRUS WITH Indonesia FLAG, CORONAVIRUS, Flu coronavirus floating, micro view, pandemic virus infection, asian flu. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alexander Sanchez
Jakarta -

Dalam update terbaru pelacakan berbagai varian COVID-19 di dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan satu varian Corona dari Indonesia dalam daftar pengawasan. Varian dengan nama B14662 tersebut dimasukkan dalam kategori "Alerts for Further Monitoring" yang sampel pertamanya dilaporkan pada November 2020 lalu oleh Indonesia.

Varan Corona lokal dari Indonesia masuk daftar pengawasan WHO.Varan Corona lokal dari Indonesia masuk daftar pengawasan WHO. (Foto: WHO)

WHO menjelaskan varian dalam kategori Alerts for Further Monitoring memiliki potensi jadi berbahaya di masa depan karena memiliki perubahan genetik. Hanya saja data bukti-buktinya masih belum cukup sehingga dibutuhkan pengawasan dan penelitian berulang yang kuat.

"Pemahaman kami terkait varian di kategori ini berkembang dengan cepat dan karena itu isinya bisa ditambah atau dikurangi begitu saja. Karena itu juga WHO tidak memberi label khusus," tulis WHO dalam situs resminya dan dikutip pada Selasa (27/7/2021).

WHO mengkategorikan varian B14662 dalam kelompok Alerts for Further Monitoring sejak 28 April 2021.



Simak Video "Ahli Virologi Berharap Covid-19 Semakin Bermutasi, Ini Alasannya..."
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)