Rabu, 28 Jul 2021 05:31 WIB

Pelaku Perjalanan PPKM Level 4 Wajib Pakai Masker Kain 3 Lapis

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kedatangan rombongan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Bandara Internasional Soekarno-Hatta jadi sorotan. Foto: Rifkianto Nugroho

Berikut sejumlah aturan perjalanan di masa PPKM level 1 sampai 4.

a. Setiap orang yang melaksanakan perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun umum bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

b. Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke Pulau Jawa dan Bali, serta daerah yang ditetapkan sebagai kategori PPKM level 4 dan 3 wajib menunjukkan kartu vaksin COVID-19 (minimal dosis pertama) dan surat keterangan hasil tes negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

c. Pelaku perjalanan dengan moda transportasi umum darat dan laut, serta kendaraan pribadi, antarkota dari dan ke daerah yang ditetapkan sebagai kategori PPKM level 4 dan 3 wajib menunjukkan kartu vaksin COVID-19 (minimal dosis pertama) dan surat keterangan hasil tes negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam atau hasil negatif rapid antigen 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

d. Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah yang ditetapkan sebagai kategori PPKM level 1 dan 2 wajib menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR atau hasil negatif rapid antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.

e. Pelaku perjalanan dengan moda transportasi umum darat dan laut, serta kendaraan pribadi, antarkota dari dan ke daerah yang ditetapkan sebagai kategori PPKM level 1 dan 2 wajib menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam atau hasil negatif rapid antigen 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

f. Khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi, umum, atau kereta api dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan dikecualikan dari persyaratan perjalanan yang tercantum dalam huruf C dan E. Namun, diwajibkan menunjukkan STRP (surat tanda registrasi pekerja), atau surat keterangan perjalanan lainnya.

g. Pelaku perjalanan orang di bawah usia 12 tahun dibatasi untuk sementara

h. Ketentuan menunjukkan kartu vaksin (minimal dosis pertama) dikecualikan bagi pelaku perjalanan kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pertimbangan Epidemiolog soal Perlu Tidaknya PPKM Diperpanjang Lagi"
[Gambas:Video 20detik]

(ryh/up)