Rabu, 28 Jul 2021 09:34 WIB

10 Makanan dan Buah yang Mengandung Vitamin D

Ayunda Septiani - detikHealth
Healthy foods containing vitamin D. Top view Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice)

6. Jus jeruk

Dalam sebuah laporan, sekitar 75 persen orang di seluruh dunia tidak toleran laktosa, dan 2 hingga 3 persen lainnya menderita alergi susu.

Karena alasan ini, beberapa negara membentengi jus jeruk dengan vitamin D dan nutrisi lain, seperti kalsium.

Satu cangkir sekitar 237 ml jus jeruk yang telah diolah dapat mengandung hingga 100 IU vitamin D atau sanggup memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 12 persen.

7. Jamur

Jamur menjadi sayuran yang mengandung vitamin D yang baik dikonsumsi demi menjaga daya tahan tubuh.

Namun, jamur menghasilkan vitamin D2, sedangkan hewan menghasilkan vitamin D3. Meskipun vitamin D2 membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah, vitamin ini mungkin tidak seefektif vitamin D3.

8. Susu kedelai

Vitamin D lebih banyak ditemukan di dalam produk makanan hewani, vegetarian dan vegan berisiko mengalami kekurangan asupan vitamin D.

Karena itu, pengganti susu nabati seperti susu kedelai akhirnya sering diperkaya dengan nutrisi atau vitamin dan mineral yang biasanya ditemukan pada susu sapi.

Satu cangkir susu kedelai 237 ml yang telah diolah bisa mengandung 107 sampai 117 IU vitamin D atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 13 hingga 15 persen.

9. Oatmeal dan sereal

Sereal dan oatmeal juga diperkaya dengan vitamin D. Setengah cangkir makanan ini atau setara dengan 78 gram dapat memberikan 54 hingga 136 IU vitamin D atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 17 persen.

10. Kiwi

Buah yang mengandung vitamin D yang lain adalah kiwi. Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, kiwi juga menjadi buah yang mengandung vitamin D. Jika berniat menambah vitamin D untuk tubuh lewat buah-buahan, kiwi bisa jadi pilihan kamu.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(ayd/ayd)