Rabu, 28 Jul 2021 15:37 WIB

Waduh, Studi Sebut Penyintas COVID-19 Bisa Mengalami Penurunan Kecerdasan

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi sakit kepala Foto: Thinkstock
Jakarta -

Studi di Inggris menyebut para penyintas COVID-19 bisa mengalami penurunan IQ yang jadi indikator kecerdasan. Peneliti menganalisa data dari 81.337 orang yang hampir 13.000 di antaranya diketahui memiliki riwayat positif COVID-19.

Setelah memperhitungkan faktor lain, mulai dari usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pengetahuan bahasa, peneliti menemukan orang yang pernah terinfeksi COVID-19 lebih kesulitan menyelesaikan tugas yang membutuhkan kemampuan berpikir. Tampak ada penurunan IQ dengan penyintas yang dirawat dengan ventilator mengalami penurunan terbesar sampai tujuh poin.

Peneliti dalam laporannya di jurnal The Lancet menyebut ini kemungkinan berkaitan dengan masalah Long COVID. Beberapa pasien yang berhasil sembuh memang bisa mengalami 'gejala sisa' meliputi kesulitan konsentrasi dan berpikir.

Tidak diketahui pasti apakah penurunan tingkat kecerdasan ini bersifat jangka panjang atau sebentar. Hanya saja peneliti menyinggung studi lain yang melihat pasien dengan penyakit pernapasan bisa mengalami penurunan fungsi kognitif sampai lima tahun.

"Secara spekulatif, kami menduga ada bermacam-macam faktor yang bisa turut berkontribusi," tulis peneliti seperti dikutip dari Sky News, Rabu (28/7/2021).



Simak Video "Temuan WHO: Seperempat Penyintas Corona di Dunia Alami Long Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)