Kamis, 29 Jul 2021 06:09 WIB

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Vitamin D?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Healthy foods containing vitamin D. Top view Foto: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice
Jakarta -

Di saat kasus COVID-19 terus meningkat, daya tahan tubuh menjadi hal yang diperhatikan setiap orang. Karenanya, muncul kebiasaan baru seperti rutin minum suplemen vitamin, berolahraga, hingga berjemur untuk menambah asupan vitamin D.

Dokter orthopedi dr Henry Suhendra SpOT menyebut, vitamin D yang didapat dari makanan dan cahaya matahari hanya memenuhi 10-20 persen kebutuhan tubuh.

Untuk itu, tubuh perlu vitamin D tambahan untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin D.

dr Henry menyarankan, vitamin D harus dikonsumsi setelah makan. Hal ini karena vitamin D butuh lemak dari makanan untuk larut di tubuh.

Waktu untuk mengonsumsi vitamin D dikembalikan pada kondisi tubuh masing-masing. Jika konsumsi vitamin D menimbulkan kantuk, maka minumlah setelah makan malam. Jika tidak, vitamin D boleh dikonsumsi setelah sarapan.

Perlu diketahui kebutuhan vitamin D tiap orang berbeda-beda. Untuk mengetahui secara pasti kadar vitamin D pada tubuh dan berapa vitamin d yang harus dikonsumsi, Anda perlu konsultasi dengan dokter dan melakukan cek darah di laboratorium.



Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)