Kamis, 29 Jul 2021 17:40 WIB

Satgas COVID-19 Buka Suara soal Dugaan Selebgram Terima Vaksinasi Booster

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Heboh selebgram diduga mendapatkan vaksinasi tahap ketiga atau vaksinasi booster. Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan vaksinasi booster hingga kini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

Prof Wiku kembali mengingatkan alasan vaksinasi booster baru diberikan pada para tenaga kesehatan (nakes), karena nakes termasuk kelompok berisiko terpapar COVID-19. Para nakes disebut Prof Wiku adalah hal vital dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Vaksin yang diberikan sepenuhnya gratis, baik yang diberikan dalam skema program atau gotong royong. Adapun temuan vaksinasi berbayar di lapangan akan ditindak lanjuti oleh Satgas COVID-19 di daerah setempat," jelas Prof Wiku dalam konferensi pers Kamis (29/7/2021).

Vaksin Corona baik dari program pemerintah maupun program mandiri dipastikan Prof Wiku tidak dipungut biaya apapun. Adapun temuan vaksinasi berbayar di lapangan akan segera ditindak Satgas COVID-19 setempat.

"Vaksin didistribusikan oleh pemerintah dengan memprioritaskan pertimbangan risiko, perhitungan stok vaksin, dan kecepatan laju vaksinasi," kata dia.

"Oleh karena itu, prioritas vaksin booster saat ini adalah nakes sebagai populasi berisiko sekaligus vital dalam mendukung pelayanan kesehatan, khususnya pada masa pandemi covid-19," sambungnya.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)