Kamis, 29 Jul 2021 21:45 WIB

Round Up

Sama-sama Butuh Booster! Kemanjuran Sinovac-Pfizer Turun Setelah 6 Bulan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksin Pfizer Mungkin Perlu Dosis Ketiga, Lalu Vaksinasi Tiap Tahun Ilustrasi. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Studi terbaru di Israel menunjukan, efikasi vaksin Pfizer berpotensi menurun menjadi 84 persen dalam waktu 4-6 bulan setelah seseorang menerima suntikan dosis lengkap. Namun di samping itu, vaksin ini diklaim efektif menghadapi varian Delta yang disebut-sebut lebih mudah menular.

Data menunjukan, efikasi setinggi 96,2 persen pada Pfizer hanya bertahan seminggu hingga 2 bulan setelah dosis ke-2, dengan penurunan efikasi rata-rata 6 persen setiap dua bulan.

"Kami melihat data dari Israel bahwa ada penurunan antibodi dan itu mulai berdampak pada 100 persen rawat inap," ujar CEO Pfizer Albert Bourla , dikutip dari CNBC, Kamis (29/7/2021).

"Kabar baiknya adalah kami sangat, sangat yakin, bahwa dosis ketiga (booster) akan memberikan respons imun ke tingkat yang cukup untuk melindungi dari varian Delta," sambungnya.

Bourla menyebut, Pfizer berencana menyerahkan data ke regulator Amerika Serikat (AS) pada Agustus 2021 terkait vaksin booster atau suntikan dosis ketiga.

Dialami juga oleh Sinovac, akankah masyarakat diberi booster?

Laporan serupa dikeluarkan oleh studi terbaru terkait vaksin COVID-19 Sinovac. Berdasarkan penelitian dari sampel darah usia dewasa 18 hingga 59 tahun, sebanyak masing-masing 50 peserta, efikasi vaksin Sinovac disebut memudar dalam waktu 6 bulan.

"Untuk peserta yang menerima dua dosis, dengan rentang dua sampai empat minggu, hanya 16,9 persen dan 35,2 persen yang memiliki tingkat antibodi di atas ambang batas enam bulan setelah dosis kedua," tulis publikasi penelitian Sinovac, dikutip dari Reuters, Selasa (27/7/2021).

Menanggapi kabar tersebut, Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Profesor Dr Sri Rezeki, SpA(K) menyebut, telah ada kajian terkait durasi ketahanan antibodi Sinovac. Namun, ia tidak menyinggung kemungkinan rekomendasi booster untuk masyarakat umum yang sudah melewati 6 bulan semenjak divaksin Sinovac.

"Kajian sudah diserahkan ke Kementerian Kesehatan RI," tegasnya saat dihubungi detikcom, Rabu (28/7/2021).



Simak Video "Rencana Pfizer Produksi 3 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)