Jumat, 30 Jul 2021 12:52 WIB

Kematian COVID-19 Juli Tertinggi Selama Pandemi, Ini Saran Satgas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Angka Kematian COVID di Indonesia Capai 70 Ribu, Ini Data Terbarunya Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Angka kematian COVID-19 di Indonesia terus melampaui seribu kasus, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut kematian Corona per Juli 2021 tertinggi selama pandemi. Meski Jawa Tengah masih menjadi penyumbang kasus kematian terbanyak, ada lima provinsi di luar Jawa Bali dengan kasus wafat tinggi yang perlu menjadi perhatian.

"Ternyata 5 dari 10 provinsi berasal dari luar Jawa Bali, meski Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga DKI Jakarta masih menjadi penyumbang kenaikan kematian namun kita perlu waspada juga dengan Kalimantan Timur, Riau, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan yang turut menjadi penyumbang kematian tertinggi mingguan," jelas Wiku dalam konferensi pers Kamis (29/7/2021).

Wiku menegaskan hal ini perlu menjadi alarm karena sejumlah wilayah ditemukan tidak menerapkan PPKM Level 4. Ia juga mendesak agar pemerintah daerah terus memantau jumlah atau hunian pasien COVID-19 di rumah sakit dan memastikan ketersediaan obat hingga oksigen demi menekan kasus kematian Corona agar tak terus meningkat.

"Jumlah kematian di Bulan Juli ini menjadi jumlah kematian paling banyak selama pandemi di Indonesia. Hingga kemarin, total sudah sebanyak 30.168 kematian tercatat di bulan ini, angka ini sangat tinggi mengingat kematian di bulan sebelumnya tercatat di Juni lalu yaitu 7.913 kematian," sambung dia.

Adapun masyarakat diimbau Wiku untuk tidak menjalani isolasi mandiri jika memiliki empat kondisi seperti berikut.

  • Gejala sedang hingga berat
  • Berusia di atas 45 tahun
  • Memiliki komorbid
  • Tidak memiliki tempat yang tidak memadai untuk isolasi mandiri


Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)