Jumat, 30 Jul 2021 17:45 WIB

Moeldoko Dukung Vaksin Nusantara, Disuntik Langsung dr Terawan

Firdaus Anwar - detikHealth
Moeldoko menerima dosis vaksin Nusantara. Foto: Instagram/dr_moeldoko
Jakarta -

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan dukungannya terhadap pengembangan vaksin Nusantara. Hal ini ia wujudkan dalam bentuk bersedia menerima dosis vaksin yang selama ini menjadi kontroversi tersebut.

Lewat unggahan foto di Instagram, Moeldoko tampak mendapatkan dosis vaksin langsung dari mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Terawan merupakan orang yang diketahui memprakarsai pengembangan vaksin Nusantara.

"Hari ini, saya menerima suntikan vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 dari Letjend (Purn.) Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto," tulis Moeldoko di akun Instagram-nya dan dikutip pada Jumat (30/7/2021).

"Sebuah inovasi dari anak bangsa untuk berperan serta dalam mengatasi pandemi Covid-19. Biarlah saya ikut mencoba dulu sebagai dukungan pada kerja keras anak bangsa. Semoga dukungan saya ini tidak diasumsikan macam-macam," lanjutnya.

Pengembangan vaksin Nusantara sempat ramai diperbincangkan karena mendapat banyak dukungan dari tokoh politik, namun tidak mendapat izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI untuk melanjutkan uji klinis ke fase berikutnya. Alasannya, menurut BPOM, peneliti masih belum memenuhi standar-standar uji klinis yang berlaku.

Hingga pada akhirnya disepakati orang-orang yang menjalani pengambilan sampel darah dan mendapat dosis vaksin Nusantara hanya dalam rangka kepentingan penelitian dan pelayanan. Vaksin Nusantara tidak untuk digunakan secara luas.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)