Sabtu, 31 Jul 2021 11:22 WIB

Bagaimana Cara Hadapi Burnout Gara-gara WFH Terus? Ini Saran Psikiater

Firdaus Anwar - detikHealth
Caucasian girl working on computer laptop


***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Kelelahan mental akibat akumulasi dari stres (burnout) dapat dialami semua orang. Hal ini juga berlaku meski pekerjaan dilakukan dari rumah atau work from home (WFH) yang banyak dilakukan dalam masa pandemi.

Ahli kesehatan jiwa dr Erickson Arthur Siahaan, SpKJ, mengatakan burnout yang terjadi saat WFH selama pandemi bisa disebabkan berbagai faktor. Beberapa contohnya mulai dari suasana di rumah yang tak mendukung untuk bekerja, kebosanan, hingga jadwal pekerjaan yang tidak teratur.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr Erickson menyarankan agar seseorang sebaiknya merapikan jadwal di rumah. Sebisa mungkin atur kapan waktu bekerja dan kapan waktu istirahat.

"Buat jadwal kerja. Secara teratur 24 jam misalnya dari kita bangun pagi mau ngapain, makan kapan, bekerja kapan, sampai ke jadwal istirahat," kata dr Erickson dalam diskusi yang disiarkan Forum Merdeka Barat 9, Sabtu (31/7/2021).

Dengan jadwal yang teratur harapannya seseorang bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup. dr Erickson mengingatkan waktu tidur yang berkualitas penting untuk dipenuhi karena akan membantu tubuh mengelola stres.

Saran berikutnya menghadapi burnout adalah lakukan aktivitas kesukaan atau hobi di rumah. Tujuannya untuk membantu melepaskan beban pikiran, mengurangi stres di tengah kesibukan.

"Jangan lupa juga kita mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Hindari makanan siap saji karena berbahaya bagi kesehatan tubuh," lanjut dr Erickson.

Saran terakhir adalah lakukan olahraga atau meditasi dengan membayangkan tempat-tempat menyenangkan.



Simak Video "Burnout Akibat WFH, Begini Cara Mengatasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)