Minggu, 01 Agu 2021 05:15 WIB

Penyebab Gusi Bengkak dan 6 Obat Alami untuk Mengatasinya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Sakit gigi Foto: iStock

3. Minyak esensial atau minyak alami

Dikutip artikel European Journal of Dentistry (2013), peppermint, tea tree (minyak pohon teh atau minyak melaleuca), dan minyak thyme dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme dalam mulut yang menjadi penyebab gusi bengkak. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan tiga tetes minyak esensial peppermint, thyme, dan tea tree dengan 8 ons air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Muntahkan air bekas kumur, jangan ditelan. Cara pengobatan ini cukup dilakukan 2 kali sehari hingga bengkaknya hilang.

4. Aloe vera

Aloe vera memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya berguna untuk obat gusi bengkak. Artikel di Journal of Clinical and Experimental Dentistry (2016) menyebutkan bahwa lidah buaya sama efektifnya dengan chlorhexidine. Chlorhexidine merupakan antiseptik untuk mengobati gusi bengkak, tetapi pembeliannya harus disertai resep dokter. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat gusi bengkak caranya adalah dengan melarutkan 2 sendok teh lidah buaya kemudian gunakan untuk berkumur dan jangan menelan air larutan tersebut. Untuk hasil optimal, lakukan 2 kali sehari dalam 10 hari.

5. Berkumur dengan Air Asin

Studi yang dilakukan Trusted Source pada 2016 menunjukkan bahwa air asin dapat menenangkan peradangan gusi. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan larutan garam atau air asin. Larutkan satu sendok garam dengan segelas air hangat kemudian aduk hingga garam larut dan tidak ada garam yang menggumpal. Setelah itu, berkumur dengan air larutan tersebut dan buang air bekas kumur.

6. Kompres dengan Air Hangat dan Dingin

Meredakan nyeri akibat bengkak pada gusi dapat dilakukan dengan mengkompres menggunakan air hangat atau batu es. Caranya, yaitu rendam handuk bersih dalam air hangat kemudian peras. Letakkan atau tepuk ringan handuk ke area wajah atau sekitar mulut, jangan tempelkan handuk langsung ke gusi yang bengkak. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 menit. Untuk menggunakan batu es caranya adalah bungkus sekantong es yang sudah dihancurkan menggunakan handuk bersih. Kemudian tahan di area wajah selama sekitar 5 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 2 hingga 3 kali dan lakukan 2 sampai 3 kali sehari dalam 2 hari pertama sejak gusi membengkak.

Selain melakukan perawatan atau pengobatan secara alami, pastikan juga untuk memeriksakan diri ke dokter jika gusi bengkak tidak kunjung sembuh.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)