Minggu, 01 Agu 2021 11:49 WIB

Periode PPKM Berakhir Besok, Sudah Merasakan 'Dine In' Maksimal 20 Menit?

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Komunitas Warung Tegal Nusantara (Kowantara) mengkritik aturan makan 20 menit selama PPKM level 4 di sejumlah wilayah. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Salah satu aturan terbaru PPKM level 4 memperbolehkan makan di warung, maksimal selama 20 menit. Hal ini pun menjadi pembahasan warganet di media sosial karena dirasa terlalu sebentar.

Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang juga konsultan pencernaan, Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan sebenarnya waktu 20 menit itu sudah cukup untuk makan. Itu tergantung apa yang kita makan.

"Ya cukup, kalo misalnya kita makan saja 20 menit kalau buat pencernaan cukup, ya aman. Pokoknya makan-makan normal, tidak ada tambahan makan buah lagi atau makan lainnya itu kan jadi lama," kata Prof Ari pada detikcom, Senin (16/7/2021).

Namun, Prof Ari berpendapat bahwa aturan soal makan ini masih kurang jelas. Ia mempertanyakan apakah waktu 20 menit itu hanya waktu makan saja atau tidak. Sebab, seperti yang diketahui penularan bisa terjadi sejak seseorang membuka masker.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ketika makan terlalu cepat. Pasalnya, menurut ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen, makan terlalu cepat justru akan berdampak buruk pada kesehatan.

"Pertama, kembung karena biasanya udara ikut tertelan. Kedua, potongan makanan (belum terkunyah dengan baik) bikin kesedak. Ketiga, pencernaan tidak bisa mencerna dan menyerap baik karena potongan besar," kata dr Tan.

Selain itu, dr Tan juga mengatakan ada kemungkinan tubuh akan kurang maksimal dalam menyerap nutrisi dari makanan jika kamu terlalu terburu-buru saat makan.

Maka, ia menyarankan untuk membawa pulang makanan jika tidak sedang dalam kondisi darurat.

Sempat sempat merasakan 'dine in' maksimal 20 menit? Bagikan catatan waktu Anda di komentar.



Simak Video "Pertimbangan Epidemiolog soal Perlu Tidaknya PPKM Diperpanjang Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)