Minggu, 01 Agu 2021 17:55 WIB

Fakta-fakta Penularan Varian Delta yang Disebut Secepat Cacar Air

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Corona virus under magnifying glass. Observation made by virologists in the laboratory with microscope.  Red heart shaped coronavirus being mutated through genome modification. 3D rendering. Foto: Getty Images/iStockphoto/Stockcrafter

Apa yang membuat varian delta sangat menular?

Riset menunjukkan, orang-orang dengan varian Delta memiliki viral load yang jauh lebih tinggi saat terkonfirmasi positif, dibanding mereka yang memiliki virus corona asli. Dengan viral load yang lebih tinggi, seseorang yang tertular SARS-CoV-2 mlebih mudah menularkan virus ke orang-orang di sekitar mereka.

"Orang-orang yang terinfeksi varian Delta memiliki viral load yang lebih tinggi, sehingga virus tidak hanya lebih mudah menular, tetapi ada lebih banyak virus setiap kali batuk atau bersin yang mencoba untuk masuk ke tubuh seseorang," jelas Dokter Nachman.

Mengurangi penyebaran varian Delta

Hingga saat ini vaksin tetap menjadi senjata paling ampuh untuk melawan virus COVID-19. Oleh karena itu, vaksinasi sangat perlu ditingkatkan sehingga dapat menangkal peluang virus corona menular ke orang lain dan berkembang.

Menurut Dokter Neuman ini menjadi satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengalahkan COVID-19 dalam jangka panjang. Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini peneliti telah memiliki alat yang dapat menghentikan COVID-19.

"Kami memiliki semua alat yang kami butuhkan untuk menghentikan COVID-19 dan akan menjadi tragedi jika kami tidak menggunakannya," kata Dokter Neuman.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)