Senin, 02 Agu 2021 06:02 WIB

Kucek-kucek Mata Beneran Bisa Tularkan COVID-19! Dokter Jelaskan Caranya

Tim detikHealth - detikHealth
Close up smiling young woman wearing white t-shirt doing facial massage, applying moisturizing cream on under eye skin, looking in mirror, standing in bathroom, enjoying skincare procedure Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Kebiasaan kucek-kucek mata ternyata beneran bisa menularkan virus Corona COVID-19. Dokter mata menjelaskan mekanismenya.

"Kenapa kita disuruh tidak menyentuh mata atau wajah? Itu karena kalau virus COVID ada di tangan kita kemudian kita menyentuh mata, dia akan menyerang ke konjungtiva jadi bisa terjadi konjungtivitis," jelas dr Timmy Budi Yudhantara, SpM kepada detikcom, Jumat (29/7/2021).

Menurut dr Timmy, mata dan sistem pernapasan terhubung melalui sebuah saluran. Apapun yang masuk lewat mata, bisa juga masuk ke pernapasan dan menyebabkan pneumonia. Termasuk COVID-19 juga bisa masuk lewat mata.

Meski demikian, diakui bahwa penularan lewat mata relatif lebih jarang terjadi. Yang lebih sering ditemukan adalah seseorang mengalami keluhan pada mata setelah terinfeksi COVID-19.

"Kalau kena COVID, untuk mata pasti matanya merahnya akan lebih merah. Kemudian ada rasa sakit, terjadi pembengkakan," jelas dr Timmy soal gejala COVID-19 pada mata.

"Kalau penglihatannya tidak terganggu, tapi biasanya karena peradangan di konjungtiva akan bengkak dan kelopaknya nggak nyaman," lanjutnya.

Berikut bedanya sakit mata biasa vs gejala COVID-19:

Ciri-ciri mata merah karena COVID-19

  • Mata kering
  • Muncul rasa nyeri yang hebat
  • Muncul kotoran mata dalam jumlah banyak
  • Pembengkakan selaput mata di sekitar kelopak

Ciri-ciri mata merah biasa

  • Mata kering
  • Muncul kotoran mata namun tidak terlalu banyak
  • Tidak ada pembengkakan di sekitar kelopak mata


Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)