Senin, 02 Agu 2021 10:17 WIB

Viral Penampakan Pengentalan Darah Pasien COVID-19 Picu Serangan Jantung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi serangan jantung Ilustrasi serangan jantung. (Foto: Freepik)
Jakarta -

Studi yang dimuat dalam jurnal European Heart melaporkan fenomena yang jarang terjadi. Seorang pasien COVID-19 berusia 49 tahun tanpa riwayat penyakit jantung datang ke ruangan unit gawat darurat (IGD_ dengan keluhan STEMI (ST elevation myocardial infarction).

STEMI adalah salah satu jenis serangan jantung berupa penyumbatan pembuluh darah arteri koroner secara total sehingga otot-otot jantung tidak mendapat suplai oksigen. Kondisi tersebut dialami pasien usai mengeluhkan gejala COVID-19 demam tinggi hingga batuk kering dalam 10 hari terakhir.

Dokter spesialis jantung dr Furqon Satria Adi Pradana SpJP dari RS Soetarto Yogyakarta turut membahas kasus tersebut. Ia memastikan pemicu serangan jantung pada pasien adalah kekentalan darah akibat infeksi COVID-19.

"Pengentalan darah pada pasien COVID-19 bisa bermanifestasi sebagai serangan jantung," sebut dia, dalam Twitter pribadinya, Minggu (1/7/2021).

"Tidak ada episode fibrilasi atrium, D-Dimer 1997, sehingga dapat disimpulkan penyebab serangan jantungnya ya pengentalan darah akibat infeksi COVID-19," lanjutnya.

Apa gejala pasien COVID-19 yang mengalami kekentalan darah?

Menurut dr Furqon, gejala yang dialami pasien COVID-19 saat mengalami kekentalan darah kerap berbeda tergantung lokasi pengentalan darah terjadi. Misalnya, seperti di pembuluh darah koroner yang memicu serangan jantung, bisa muncul nyeri dada tetapi tidak sedikit yang tak mengeluhkan gejala.

Berdasarkan kasus yang ia tangani, banyak dari mereka yang mengalami pengentalan darah akibat infeksi COVID-19 berusia 60 tahun dan tanpa gejala.

"Biasanya di atas 60 tahun, paling banyak tanpa gejala tapi pengentalannya dibuktikan dengan peningkatan D-dimer," jelas dr Furqon kepada detikcom Senin (2/8/2021).



Simak Video "3 Obat yang Diuji WHO untuk Pasien Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)