Senin, 02 Agu 2021 14:41 WIB

Bio Farma Disiapkan Produksi Vaksin COVID-19 mRNA, Seperti Pfizer-Moderna

Firdaus Anwar - detikHealth
Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta. Foto: Getty Images
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia saat ini sedang berupaya menjadi pusat produksi vaksin COVID-19 berplatform mRNA. Ini merupakan bagian dari strategi besar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bio Farma akan disiapkan untuk menjadi apa yang disebut hub transfer teknologi vaksin. Berdasarkan keterangan WHO, fasilitas yang ditunjuk akan menjadi tempat pelatihan dengan teknologi yang diperlukan untuk memproduksi vaksin dalam skala industri.

Nantinya negara-negara berpenghasilan menengah ke bawah yang berminat bisa meminta bantuan transfer teknologi ke hub tersebut.

"Rencananya akan dilakukan due diligence ke Bio Farma untuk memastikan kesiapan kita," kata Menkes Budi dalam konferensi pers daring Kementerian Kesehatan, Senin (2/8/2021).

"Satu negara di dunia sudah ditunjuk yaitu Afrika Selatan. Kita masih berusaha agar kita bisa jadi negara kedua yang ditunjuk untuk jadi salah satu hub dunia untuk vaksin mRNA ini," lanjutnya.

Vaksin mRNA dikenal sebagai salah satu jenis vaksin COVID-19 dengan efikasi yang tinggi. Ada dua jenis vaksin COVID-19 berplatform mRNA yang sudah disetujui WHO yaitu buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Pfizer dalam keterangan resminya mengumumkan akan bekerja sama, turut membantu proses produksi vaksin mRNA di Afrika Selatan.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)