Senin, 02 Agu 2021 15:38 WIB

Menkes Klaim Vaksinasi Booster Nakes Bisa Selesai 2 Minggu

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta. Foto: Getty Images
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap vaksin COVID-19 Moderna, untuk booster para tenaga kesehatan sudah didistribusikan sejak pekan lalu. Ia mengklaim, vaksinasi para nakes akan selesai di dua pekan ke depan.

"Terkait booster nakes, itu sudah dikirim ke seluruh Indonesia minggu lalu, kami mengharapkan segera mungkin bisa diselesaikan," beber Menkes Budi dalam konferensi pers daring Kementerian Kesehatan RI Senin (2/8/2021).

"Jadi saya harapkan ke semua Dinkes agar bisa diselesaikan dalam 2 minggu," sambungnya.

Menkes memastikan 3 juta vaksin Moderna hibahan Amerika Serikat hanya diberikan kepada para nakes. Sebab, para nakes menjadi tentara yang bertempur setiap hari menangani kasus COVID-19.

"Tolong bapak ibu dan para nakes segera disuntikkan, para Dinkes segera disuntikkan, dan saya memohon dengan sangat, tolong jangan dialihkan ke non-nakes," kata di dalam kesempatan sebelumnya.

Sementara beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap capaian vaksinasi ketiga atau vaksinasi booster Moderna tenaga kesehatan (nakes) masih jauh dari target 1,4 juta orang. Hingga Kamis (29/7/2021) baru ada 4.826 nakes yang menerima vaksin Moderna.

"Vaksin dosis ketiga (booster vaksin) per 29 Juli 2021 telah disuntikkan ke 4.826 SDM kesehatan," jelas Airlangga dalam pemaparannya di konferensi pers FK UNAIR, Jumat (30/7/2021).

Simak video 'Saat Menkes Budi Tegaskan Vaksin 'Booster' Hanya untuk Nakes':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Vaksin Moderna Jadi Primadona, Pakar Ingatkan Stoknya Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)