Senin, 02 Agu 2021 20:40 WIB

Luhut Sebut Bahaya Varian Delta: Mempercepat Penurunan Saturasi Oksigen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus Corona Varian Delta Melonjak di RI, Ini Fakta-faktanya Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang PPKM level 4 di sejumlah wilayah di Indonesia mulai 2 Agustus-9 Agustus mendatang. Perpanjangan PPKM ini dilakukan untuk menekan laju penularan kasus yang salah satunya disebabkan oleh varian Delta.

Varian Delta diketahui memiliki transmisi penularan yang lebih cepat daripada varian asli. Menteri Koordinator Bidang Marves yang juga Koordinator PPKM Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan bahwa masyarakat harus terus waspada dengan penyebaran varian Delta.

"Varian Delta ini sangat cepat membuat penurunan saturasi oksigen," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (2/8/2021).

Demi menurunkan laju penularan, pihaknya menyarankan agar pasien COVID-19 yang berisiko tinggi melakukan isolasi terpusat. Khususnya bagi mereka yang tinggal serumah dengan ibu hamil atau orang tua yang memiliki komorbid.

Isolasi terpusat, menurutnya bisa menurunkan risiko kematian karena penurunan saturasi oksigen. Sebab kebanyakan pasien COVID-19 yang meninggal sudah mengalami perburukan akibat turunnya saturasi oksigen.



Simak Video "Pakar: Usia Produktif Paling Banyak Terinfeksi Varian Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)