Senin, 02 Agu 2021 22:58 WIB

Bantul Targetkan Penyuntikan Booster Moderna Selesai dalam Sebulan

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Menurut peneliti, vaksin buatan Modern Inc dikabarkan mampu untuk menangkal COVID-19 varian Delta. Foto: Getty Images

Terpisah Kepala Seski Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul Abednego Dani Nugroho mengatakan, bahwa kepastian jumlah vaksin Moderna yang akan diterima oleh Dinkes Bantul masih dalam pembahasan. Namun secara data, pihaknya akan mengajukan ribuan nakes untuk mendapat booster.

"Kami sendiri mengusulkan sekitar 7.000 nakes, itu nakes yang sudah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Indonesia mendapatkan hibah vaksin Moderna sebanyak 3 juta dosis dari Amerika Serikat (AS). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan secara khusus vaksin Moderna diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster.

"Tolong bapak ibu dan para nakes segera disuntikkan, para Dinkes segera disuntikkan, dan saya memohon dengan sangat, tolong jangan dialihkan ke non-nakes," katanya dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Budi menjelaskan, karena para tenaga kesehatanlah yang menjadi garda terdepan dalam membantu pasien COVID-19. Menkes menegaskan stok vaksin untuk booster nakes ini telah didistribusikan ke seluruh provinsi. Dia meminta vaksin ini segera disuntikkan kepada para nakes.

"Kita harus prioritaskan nakes, karena merekalah tentara kita yang bertempur sehari-hari," kata Menkes.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)