Selasa, 03 Agu 2021 05:48 WIB

Akhirnya Ibu Hamil Bisa Vaksin COVID-19, Ini Jenis Vaksin dan Dosisnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sebanyak 1.100 mahasiswa di Bekasi menerima vaksinasi COVID-19. Vaksinasi digelar di Aula Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Meningkatnya kasus COVID-19 pada ibu hamil yang berdampak serius atau severe mendapat perhatian dari Kementerian Kesehatan RI. Kelompok ini akhirnya mendapat restu untuk vaksinasi COVID-19.

Tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil akan diprioritaskan di daerah dengan tingkat penularan tinggi.

"Vaksinasi bagi ibu hamil akan menggunakan jenis vaksin COVID-19 platform mRNA yakni Pfizer dan Moderna, serta vaksin platform inactivated Sinovac," tulis edaran tersebut.

Dosis dan screening

Pada ibu hamil, dosis pertama vaksin COVID-19 diberikan pada trimester kedua kehamilan. Sedangkan dosis kedua diberikan sesuai interval pemberian vaksin yang digunakan.

Sama seperti kelompok lainnya, ibu hamil juga akan menjalani screening terlebih dahulu sebelum vaksinasi COVID-19. Namun karena masuk kriteria khusus, screening dilakukan dengan lebih detail pada ibu hamil.



Simak Video "Kemenkes Ungkap Kemungkinan Ibu Hamil Dapat Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)