Selasa, 03 Agu 2021 18:11 WIB

Sejumlah Derah Kekurangan Vaksin COVID-19, Distribusi Mandek?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 terus digencarkan meski di tengah pemberlakuan PPKM Darurat. Hingga saat ini sudah lebih dari 42 juta warga Indonesia disuntik vaksin Corona. Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menanggapi sejumlah daerah di Indonesia kekurangan stok vaksin COVID-19 akibat kendala distribusi, Satgas COVID-19 menyebut hingga kini vaksinasi COVID-19 memang diprioritaskan untuk masyarakat di wilayah rentan tertentu. Pun begitu, percepatan vaksinasi diupayakan agar program vaksinasi ini bisa secepat mungkin diperluas.

"Pemerintah bekerja sama dengan Kementerian atau lembaga yang terus menambah pasokan vaksin dan menjamin agar setiap masyarakat dapat terpenuhi haknya untuk melakukan vaksinasi," klaim juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/8/2021).

Prof Wiku menambahkan, pemerintah juga telah melakukan sejumlah upaya penambahan jumlah dosis vaksin COVID-19 dari luar negeri untuk dikirimkan ke Indonesia, serta percepatan proses konversi vaksin mentah kiriman menjadi vaksin yang siap disuntikan.

Masih diprioritaskan di wilayah tertentu

Prof Wiku menyebut, vaksinasi COVID-19 hingga kini memang masih diprioritaskan untuk masyarakat wilayah tertentu, dengan pertimbangan tinggi kerentanan. Akan tetapi ia mengklaim, perluasan cakupan vaksinasi COVID-19 ke daerah lainnya tetap diupayakan.

"Sejauh ini, vaksinasi masih diprioritaskan terlebih dahulu untuk daerah dan populasi rentan dan secara paralel mengejar cakupannya secara nasional secara luas," bebernya.

"Meski demikian pemerintah berkomitmen melakukan percepatan cakupan vaksin, salah satunya melalui kegiatan serbuan vaksinasi bersama TNI dan Polri untuk memastikan distribusi dapat dilakukan secara maksimal dan tepat waktu," pungkas Prof Wiku.



Simak Video "Cerita Warga yang Kesulitan Dapatkan Vaksin Dosis Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)