Rabu, 04 Agu 2021 06:22 WIB

Round Up

Viral Pengumuman Masuk PIM Jaksel Wajib Bawa Sertifikat Vaksin

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pengumuman wajib sertifikat vaksin di PIM Jaksel Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Jakarta -

Sebuah pengumuman yang terpasang di Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta Selatan, viral di media sosial. Disebutkan, pengunjung yang akan masuk wajib membawa dan menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19.

Dalam pengumuman tersebut, aturan berlaku sejak 3 Agustus 2021.

Pantauan detikcom di area PIM 2, pengumuman tersebut telah direvisi. Jika sebelumnya ditujukan untuk pengunjung, versi terbaru kewajiban membawa dan menunjukkan sertifikat vaksin hanya ditujukan bagi karyawan dan vendor yang bekerja di mal tersebut.

"Kalau pengunjung belum. Mal juga belum buka semua (tenant-nya), kita ikut kebijakan pemerintah," kata seorang pertugas keamanan yang berjaga, Selasa (3/8/2021).



Wacana wajib sertifikat untuk beraktivitas di DKI

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiratkan bakal adanya pelonggaran untuk berkegiatan, dengan syarat sudah vaksinasi COVID-19. Salah satu pertimbangannya adalah cakupan vaksinasi di wilayah ini dinilai tinggi.

"Dengan melihat kenyataan bahwa di Jakarta kecepatan pemberian vaksin cukup tinggi dan jangkauan yang sudah tervaksin sudah sampai 7,5 juta. Maka, kami memutuskan vaksin menjadi bagian dari tahapan untuk kegiatan masyarakat," jelas Anies, Sabtu (31/8/2021).

"Jadi, bahkan kalau nanti suatu saat tempat-tempat hiburan dibuka, taman dibuka, kegiatan ruang terbuka dibuka, juga diizinkan. Maka pada saat itu juga harus divaksin dulu," jelasnya.

Gimana nih, setujukah jika masuk mal wajib punya sertifikat vaksin COVID-19?



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)