Rabu, 04 Agu 2021 09:44 WIB

Wajib Punya Buat Masuk Mal, Sertifikat Vaksin COVID-19 Ada di PeduliLindungi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pengumuman wajib sertifikat vaksin di PIM Jaksel Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Bagaimana jika sudah divaksinasi tetapi belum mendapatkan sertifikat vaksin?

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan umumnya sertifikat vaksinasi COVID-19 baru bisa didapatkan setelah 7-10 pasca divaksinasi.

"Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat," sebut dr Nadia saat dikonfirmasi detikcom Rabu (7/7/2021).

Jika sudah mendapatkan Pedulilindungi.id sertifikat vaksin COVID-19, disarankan untuk tidak mengumbarnya, terutama di media sosial. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan data yang berisikan data diri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana untuk pengidap penyakit komorbid atau orang yang belum mendapatkan giliran vaksinasi COVID-19?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan ada ketentuan khusus bagi mereka yang belum mendapatkan sertifikat vaksinasi COVID-19 karena kondisi tertentu. Caranya dengan melampirkan surat dari fasilitas kesehatan.

"Yang seperti ini nanti akan ada ketentuan silahkan bawa surat dari faskes membuktikan bahwa penyintas COVID," kata Anies melalui keterangan video yang dilihat pada Minggu (1/8/2021).

Anies menjelaskan penyintas COVID-19 dapat menyertakan surat keterangan dari fasilitas kesehatan ketika beraktivitas. Syarat yang sama, sebutnya, juga diberlakukan bagi warga dengan penyakit penyerta atau komorbid yang tak boleh divaksinasi.

"Kemudian juga mungkin ada kelompok yang belum bisa vaksin karena kondisi kesehatan tertentu. Sederhana, siapkan keterangan dokter dari fasilitas kesehatan itu sebagai buktinya," jelasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kini Bisa Dapat Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Berbahasa Inggris"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)