Rabu, 04 Agu 2021 10:20 WIB

Belum Divaksin? Catat Tempat Berisiko Tinggi Tertular COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bangkok, Thailand - Mar 2020 : Crowd of unrecognizable business people wearing surgical mask for prevent coronavirus Outbreak in rush hour working day on March 18, 2020 at Bangkok transportation Foto: Getty Images/Tzido
Jakarta -

Varian Delta COVID-19 terus menyebar ke seluruh negeri. Hal ini membuat orang yang belum divaksinasi memiliki peningkatan risiko terkena infeksi Corona. Menjauh dari tempat-tempat dalam ruangan dapat membantu Anda tetap aman jika belum menerima vaksin COVID-19.

"Setiap orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin harus divaksinasi. Ini membantu melindungi mereka dan mereka yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena kondisi medis atau usia (lebih muda dari 12 tahun saat ini)," kata Dr Kathi Kemper, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Ohio, dikutip dari Healthline.

Vaksin COVID-19 bisa memberikan perlindungan lebih dari 80 hingga 90 persen dalam hal tertular kasus parah yang memerlukan rawat inap atau menyebabkan kematian, meski belum 100 persen efektif.

Namun, orang yang tidak divaksinasi lebih mungkin tertular virus, memiliki gejala, menjadi sakit parah, atau memerlukan rawat inap dan meninggal.

"Saat ini, lebih dari 90 persen dari mereka yang dirawat di rumah sakit dan sekarat karena COVID-19 tidak divaksinasi," kata Kemper.

Berikut beberapa tempat yang harus dihindari jika Anda belum divaksinasi:

Restauran dan bar

Memang tak ada yang lebih baik daripada bersosialisasi dengan teman dan keluarga sambil menikmati minuman dan makanan yang lezat. Namun, tempat-tempat ini mungkin tidak memiliki ventilasi terbaik.

Restauran juga cenderung ramai, sehingga sulit untuk menjaga jarak. Tempat ini juga kemungkinan besar terdiri dari orang-orang yang tidak Anda kenal, membuat risikonya semakin besar terlebih jika belum vaksin COVID-19.

Inti dari berada di bar atau restoran adalah untuk minum, makan, dan berbicara, yang sulit dilakukan dengan memakai masker.

Bioskop dan tempat ibadah

Hiburan adalah waktu istirahat yang baik dari pekerjaan dan sering kali membawa sukacita, sementara ibadah mungkin yang membuat Anda tetap bertahan selama masa-masa sulit seperti pandemi.

Tetapi seperti restoran, ada banyak hal yang tidak diketahui dalam hal berapa banyak orang yang akan berkumpul di bioskop atau tempat ibadah, siapa yang sudah divaksinasi, siapa yang terpapar COVID-19, dan siapa yang lebih rentan.

Sejatinya, berada di tempat manapun dengan ventilasi yang buruk, kurang menerapkan aturan jaga jarak sosial, dan tidak memakai masker adalah lokasi yang membuat Anda rentan terpapar COVID-19.



Simak Video "Jumlah Virus Varian Delta 1620 Kali Lebih Tinggi dari Varian Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)