Kamis, 05 Agu 2021 05:55 WIB

Round Up

Masuk Mal di DKI Wajib Punya Sertifikat Vaksin COVID-19

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Sejumlah mal di DKI Jakarta mewajibkan pengunjung menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 sebagai bukti telah divaksin sebelum masuk mal dan pusat perbelanjaan. Salah satunya, di ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat.

"Kalau belum vaksin nggak boleh masuk sama sekali karena sudah ketentuan pemerintah," kata seorang petugas keamanan, Umyana, kepada detikcom, Rabu (4/8/2021).

Namun di sebagian mal lainnya, syarat ini masih dalam tahap sosialisasi. Misalnya, di Mal Cibubur Junction, Jakarta Timur. Hal ini diinformasikan pihak mal melalui unggahan Instagram. Disebutkan, aturan wajib menunjukan sertifikat vaksin COVID-19 berlaku efektif per 23 Agustus 2021, sedangkan sosialisasi berlaku mulai 2 Agustus 2021.

Namun berdasarkan pantauan detikcom pada Rabu (8/4/2021) hingga pukul 11.30, sosialisasi tersebut belum berlangsung. Petugas setempat menyebut, hingga kini sosialisasi tersebut belum diterapkan pada pengunjung.

"Nggak (ada syarat sertifikat vaksin untuk masuk mal). Masuk sini harus ada surat sudah divaksin kan? Sementara kita belum ada. Sementara belum ada informasi, jadi kita belum berani (beri keterangan) soal ada dan tidaknya," ujar seorang petugas yang tak ingin disebut namanya.

Karena masih masa PPKM, sebenarnya memang hanya supermarket, apotek, dan ATM yang beroperasi di Cibubur Junction. Sedangkan beberapa restoran yang buka hanya melayani take away, tanpa memperbolehkan dine in atau makan di tempat.

Pengumuman wajib sertifikat vaksin di PIM JakselPengumuman wajib sertifikat vaksin di PIM Jaksel Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menegaskan, aturan tersebut adalah kebijakan pemerintah daerah. Dalam hal ini yakni DKI Jakarta, bukan Kemenkes.

Menanggapi orang-orang yang tidak bisa divaksin karena riwayat penyakit komorbid atau kendala domisili, dr Nadia menyebut, akses vaksinasi DKI Jakarta sudah amat luas. Terkait syarat bukti vaksinasi untuk masuk mal ia menyebut, masyarakat juga bisa memanfaatkan layanan vaksinasi COVID-19 yang sudah tersedia di mal-mal.

"Kalau akses vaksin di DKI kan bisa diakses di mana saja ya. Juga ada fasilitas vaksin di mal-mal yang bisa dimanfaatkan ya," beber dr Nadia.

Mal masih ditutup

Dalam kesempatan lainnya, Pemprov DKI Jakarta menegaskan bahwa seiring munculnya peraturan terkait sertifikat vaksin, mal masih ditutup seiring perpanjangan PPKM darurat.

Ditegaskan, DKI mengikuti ketentuan Inmendagri Nomor 27 Tahun 2021 tentang PPKM level 4,level level 3 dan level 2 COVID-19 di wilayah Jawa-Bali.

"Kalau buka saya tutup. Di Inmendagri sudah ada ketentuannya," tegas Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah, Rabu (4/8/2021).

Jadi syarat masuk mal, jasa cetak sertifikat vaksin COVID-19 banjir order.Jadi syarat masuk mal, jasa cetak sertifikat vaksin COVID-19 banjir order. Foto: Salwa Aisyah Sheilanabilla


Belum vaksin COVID-19? Bisa daftar di detik.com/vaksinctcorp.

(vyp/up)