Kamis, 05 Agu 2021 16:10 WIB

Jadi Alasan Dinar Candy Berbikini, Ini Tips Kelola Stres saat Pandemi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dinar Candy saat ditemui seusai menjadi bintang tamu acara Brownis, Trans TV, Jakarta Selatan, Rabu (13/01). Foto: Noel/detikcom
Jakarta -

Viral Dinar Candy menolak PPKM hingga nekat berbikini di jalanan. Aksinya ini mendadak jadi perbincangan di media sosial.

"Aduh saya stres Kak diperpanjang, bingung kerjanya," ungkap Dinar Candy saat dihubungi detikcom.

Aksi Dinar Candy menolak PPKM dimuat dalam postingan di laman Instagramnya yang belakangan sudah dihapus. Dirinya kini tengah menjalani pemeriksaan polisi di Polres Metro Jakarta.

Di tengah pandemi COVID-19, tidak sedikit orang yang sulit mengontrol emosi dan menjaga kesehatan mental. Banyak faktor yang menjadi pemicunya, salah satunya seperti yang dialami Dinar Candy, menolak PPKM diperpanjang karena urusan pekerjaan.

Apa sih yang terjadi pada tubuh saat stres?

Psikiater dari RS Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor, dr Lahargo Kembaren, SpKJ menjelaskan saat stres tubuh mengeluarkan berbagai hormon seperti kortisol dan adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan kuat, meningkatkan aliran darah, mengencangkan otot-otot.

"Ini semua terjadi bertujuan agar kita siap menghadapi ancaman yang ada di depan kita," jelas dr Lahargo beberapa waktu lalu.

Berikut tips menjaga kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19 dikutip dari berbagai sumber.

1. Olahraga

Bukan berarti mobilitas dibatasi selama pandemi COVID-19, kamu tidak bisa rutin berolahraga. Ada banyak pilihan workout yang bisa dilakukan di rumah, senam aerobik, yoga, hingga lari di tempat.

Olahraga sangat baik untuk meningkatkan mood sehingga terhindar dari stres. Luangkan waktu hingga 30 menit untuk berolahraga.

2. Mencoba aktivitas menyenangkan

Meski di rumah saja, kamu bisa mencoba beberapa aktivitas yang bisa menenangkan diri seperti semacam relaksasi. Sekedar meluangkan waktu untuk hobi membaca buku, menonton film, ataupun meditasi, bisa menjadi solusi menjaga kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19.

3. Komunikasi

Agar tidak larut dalam stres yang terus diratapi, lebih baik membuka komunikasi dengan teman terdekat atau keluarga. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi COVID-19, bisa berkumpul melalui video call dan aplikasi daring lainnya.

4. Pola makan

dr Lahargo menjelaskan menjaga pola hidup seperti makan makanan bergizi membantu diri terhindar dari rasa cemas dan stres di tengah pandemi COVID-19.

"Jangan merokok, minum alkohol, atau narkoba untuk mengatasi perasaan yang tidak nyaman," tegasnya.

5. Kurangi informasi berlebihan

Ada baiknya untuk memilah informasi yang diakses setiap hari. Tidak semua informasi harus dipercaya atau dicerna dalam satu waktu.

"Kurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca, atau mendengarkan informasi yang berlebihan," tutur dr Lahargo.

dr Lahargo membagikan teknik mengatasi rasa stres dan cemas dalam waktu singkat. Berikut tipsnya.

- Napas dalam
- Relaksasi otot
- Teknik grounding atau melakukan aktivitas yang bersentuhan langsung dengan bumi dan tanah sehingga ada dampak positif bagi tubuh.

Sementara, aksi Dinar Candy menolak PPKM tidak untuk ditiru. Dinar juga mengaku protes penolakan PPKM diperpanjang dengan aksi berbikini, bukan untuk dicontoh.

"warning !! jangan tiru adegan ini !! aku lagi cari pelampiasan lagi setres," tulis Dinar Candy dalam unggahan di Instagram miliknya.



Simak Video "Pemerintah Siapkan Skenario Ubah Pandemi Jadi Endemi di 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)