Kamis, 05 Agu 2021 18:05 WIB

5 Kota dengan Kasus Aktif COVID-19 Terbanyak di Awal Agustus

Firdaus Anwar - detikHealth
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 menyebut angka kasus aktif COVID-19 di Indonesia tampak mulai berkurang sejak pertama kali terjadi lonjakan di akhir bulan Juni. Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan ini jadi tanda jumlah pasien yang sembuh lebih banyak dari penambahan kasus baru.

"Tentunya ini tidak akan terwujud tanpa pengorbanan dari para tenaga kesehatan yang setiap harinya melayani pasien COVID-19... Memastikan pelayanan terbaik diberikan untuk seluruh pasien," kata Wiku dalam konferensi pers pada Kamis (5/8/2021).

Meski kondisi secara nasional membaik, Wiku mengingatkan masih ada kota-kota dengan jumlah kasus aktif COVID-19 yang tinggi.

Wiku membeberkan data lima kota dengan kasus aktif terbanyak sampai tanggal 1 Agustus, berikut detailnya:

  1. Kota Depok (27.389 kasus aktif)
  2. Kota Bekasi (22.674 kasus aktif)
  3. Kota Bandung (15.151 kasus aktif)
  4. Kabupaten bantul (14.760 kasus aktif)
  5. Kota Tangerang Selatan (11.180 kasus aktif)

"Penting bagi pemerintah daerah mengetahui kondisi di daerah masing-masing. Kepada seluruh gubernur mohon memantau data COVID di provinsinya, sehingga selalu terpantau kabupaten/kota mana saja yang mengalami kenaikan kasus positif, kasus aktif, maupun kematian," ungkap Wiku.

"Masih tingginya kasus aktif pada wilayah ini perlu ditindak lanjuti dengan mengevaluasi penanganan COVID-19 di kabupaten/kota tersebut bersama dengan bupati atau wali kota, dan perangkat daerah terkait," pungkasnya.

(fds/up)