Jumat, 06 Agu 2021 22:05 WIB

5 AC Terbaik Saat Masa Pandemi

Sponsored - detikHealth
Panasonic Foto: Panasonic
Jakarta -

Di masa pandemi ini, kualitas udara bersih dan sehat telah menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi setiap orang, khususnya masyarakat Indonesia. Kebijakan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa kota di Indonesia mengimbau masyarakat agar beraktivitas di dalam rumah, baik itu bekerja, belajar, ibadah, dan lainnya sehingga penting untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan agar tetap bersih dan sehat dari virus.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, terdapat juga produk-produk air conditioner (AC) yang dilengkapi dengan air purifier atau pun ionizer sehingga bisa menghambat virus dan bakteri agar pengguna mendapatkan udara berkualitas. Karena itu, kami akan merekomendasikan produk-produk AC terbaik yang cocok untuk kebutuhan rumah atau ruangan Anda.

1. AC Panasonic

AC yang dilengkapi oleh air purification atau dikenal dengan nanoe™ X yang ada pada AC Panasonic tipe XU-VKP, XN-WKJ, dan PN-WKJ telah teruji mampu menghambat penyebaran novel coronavirus (SARS-CoV-2) hingga 99.99% yang melayang di udara dan melekat di permukaan benda, berdasarkan hasil uji validasi efisiensi lembaga penelitian global, Texcell, Perancis.

Teknologi nanoe™ X juga memiliki 7 keunggulan seperti menghilangkan bau tak sedap, menghambat aktivitas jamur di udara dan jamur yang melekat, menghambat serbuk sari, menghambat alergen yang berasal dari hewan peliharaan, mengurangi partikel berbahaya (PM2.5) yang dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan, melembapkan kulit, dan membuat rambut lebih lurus serta lebih halus.

Selain itu, hanya dengan 25 watt, fitur nanoe™ X tetap dapat beroperasi walau AC dalam keadaan mati, sehingga memberikan perlindungan 24 jam penuh kepada Anda yang selalu berada di rumah selama PPKM ini dan dapat menghemat biaya listrik.

AC Panasonic juga dikenal dengan Si-Biru yang mampu bekerja pada tegangan rendah, hemat energi, ramah lingkungan serta awet, dan tahan terhadap korosi yang sangat sesuai dengan lingkungan di Indonesia.

2. AC Sharp

Teknologi Plasmacluster pada AC Sharp telah efektif dalam mencegah virus dan kuman yang dapat mengotori udara, sehingga mampu menciptakan udara yang lebih bersih dan sehat untuk makhluk hidup.

Teknologi Plasmacluster menghasilkan ion-ion positif dan negatif yang ada di alam. Teknologi tersebut mampu mengurangi jamur bebas di udara, menghentikan penyebaran jamur yang menempel, virus menempel, maupun virus yang bebas di udara untuk menjaga rumah Anda tetap nyaman dan aman saat Anda dan keluarga bernapas.

Penjernih udara dari Sharp mampu mengurangi bau tak sedap dan menyengat yang menyebabkan ketidaknyamanan di ruangan Anda. Coanda Air Flow yang berguna dalam sirkulasi udara yang lebih cepat dengan sudut 20º mampu mengumpulkan debu, bahkan pada tingkat yang lebih rendah, sehingga lebih efektif dalam membersihkan ruangan.

3. AC Samsung

AC dari Samsung dilengkapi dengan teknologi Triangle Design For Powerful Cooling. Dengan desain segitiga yang unik, AC Samsung ini secara signifikan bisa meningkatkan kinerja untuk membuat sirkulasi udara lebih cepat dingin di ruangan rumah Anda.

AC Samsung juga dilengkapi oleh teknologi Tri-Care Filter. Filter ini mampu menghalangi kontaminasi debu mikroskopis dan bakteri penyebab alergi pada ruangan dengan kemampuan menyaring virus hingga 99% dan menyaring bakteri hingga 98%. Tidak hanya membuat ruangan menjadi sejuk, melainkan juga efektif menjaga kebersihan udara di dalam ruangan.

4. AC Daikin

Fitur menarik dari AC Daikin salah satunya adalah adanya filter antibakteri, yaitu Titanium Apatite Photocatalytic Filter. Filter ini bekerja untuk mengurangi bau yang tidak diinginkan.

Operasi AC Daikin juga bebas suara alias hening karena memiliki fitur Indoor Quiet Mode yang membuat suara angin AC dari 25 db turun ke 22 db, juga fitur Outdoor Quiet Mode yang mencegah kebisingan sehingga lebih nyaman.

AC Daikin juga memiliki teknologi inverter yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan motor kompresor sehingga dapat mendorong aliran refrigerant variable dalam sistem AC. Teknologi ini mampu mengatur suhu udara di seluruh penjuru ruang secara merata.

5. AC LG

AC LG memiliki HEPA Filter yang dapat menjebak alergen (sekecil 0,3 mikron) di udara dan Deodorizer Filter untuk menyerap bau rokok, bau hewan peliharaan, dan banyak bau rumah tangga lainnya. Terdapat juga teknologi auto self clean, yang dapat membersihkan filter secara mandiri pada permukaan pre-filter untuk membersihkan debu yang menempel.

Mendapatkan pengakuan dari British Allergen Certificate, AC LG dinyatakan secara signifikan mengurangi kandungan alergen sehingga Anda tak perlu khawatir karena udara di rumah akan selalu bersih.

Jadi, pilihan ada di tangan Anda dalam memilih AC terbaik untuk keluarga yang Anda sayangi.

(ega/ega)