Senin, 09 Agu 2021 18:23 WIB

Atasi Kekurangan Oksigen, WHO Kirim 700 Oksigen Konsentrator untuk RI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Layanan isi ulang tabung oksigen untuk pasien COVID-19 secara gratis terus dilakukan. Kali ini digelar di Sleman. Oksigen untuk pasien COVID-19. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan 700 oksigen konsentrator dan peralatan pendukungnya untuk Indonesia sebagai tambahan persediaan alat pendukung layanan kesehatan dalam menangani pandemi COVID-19.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi dukungan WHO untuk membantu Indonesia menghadapi pandemi Corona. Oksigen konsentrator ini akan dikirimkan ke fasilitas kesehatan yang tersebar di Indonesia

"Kami menyambut baik dan menghargai dukungan kepada Indonesia dalam upaya kami melawan pandemi COVID-19," kata Menkes dalam keterangan tertulis di laman Kemenkes, Senin (9/8/2021).

Adanya peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya, Indonesia telah mengalami tekanan yang signifikan pada sistem pelayanan kesehatan. Salah satu tantangan yang mendesak adalah menjaga pasokan oksigen yang cukup untuk merawat pasien dengan penyakit COVID-19.

WHO memberikan dukungan teknis untuk Kemenkes dengan mengerahkan staf teknis dan mendukung upaya pemerataan vaksinasi nasional untuk melindungi masyarakat Indonesia, mulai dari yang paling rentan.

"Dengan kekurangan oksigen yang dilaporkan, banyak rumah sakit dan unit perawatan intensif sudah melebihi kapasitasnya; Kita membutuhkan dukungan di tingkat nasional dan internasional untuk mengatasi masalah ini bersama-sama," kata representatif WHO untuk Indonesia Dr N Paranietharan.



Simak Video "Kebutuhan Oksigen Naik Drastis, Kemenkes Siapkan Oksigen Konsentrator"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)