Senin, 09 Agu 2021 22:30 WIB

Ini Sederet Manfaat Zinc Bagi Tumbuh Kembang Anak

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Customer in pharmacy holding medicine bottle. Woman reading the label text about medical information or side effects in drug store. Patient shopping pills for migraine or flu. Vitamin or zinc tablets. Foto: iStock
Jakarta -

Zinc adalah salah satu mineral yang punya peran penting bagi pertumbuhan anak. Secara umum, zinc dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi dan otak.

Zinc dapat ditemukan dalam makanan seperti daging merah, roti gandum, sereal, dan makanan laut. Zinc juga ditemukan dalam ASI meski jumlahnya sedikit.

Dikutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suplementasi zinc bisa digunakan untuk mencegah pneumonia pada anak usia 2 hingga 59 bulan. Tinjauan ini berasal dari data populasi perkotaan di negara-negara berpenghasilan rendah hingga menengah.

Tak hanya mencegah, zinc juga bisa menjadi pengobatan untuk pemulihan pneumonia. Menurut ulasan di The Lancet 2004, pengobatan zinc sebesar 20 miligram (mg) per hari bisa mempercepat pemulihan pneumonia berat pada anak-anak.

Zinc sangat berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak. Jika seorang anak kekurangan zinc, fungsi tumbuh kembangnya pasti akan terganggu.

Dikutip dari WebMD, anggota American College of Physicians, Charlotte E. Grayson Mathis, MD, menyebut kekurangan zinc dapat menyebabkan penurunan pertumbuhan, peningkatan sakit pilek dan infeksi, gangguan memori, ketidakmampuan belajar, dan konsentrasi yang buruk pada anak.

Lalu, berapa dosis zinc yang dibutuhkan anak?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Tepat Sasaran Memilih Suplemen dan Vitamin Penambah Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)