Selasa, 10 Agu 2021 09:33 WIB

Sulit Bedakan Gejala Pilek Vs COVID-19 pada Anak? Ini Bedanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Sick little asian girl wiping or cleaning nose with tissue on her hand Foto: iStock
Jakarta -

Anak-anak bisa terinfeksi COVID-19, namun mungkin sering diabaikan karena gejalanya yang mirip dengan pilek biasa. Hal ini bisa jadi masalah tersendiri karena anak bisa saja terlambat mendapat penanganan bila kondisinya memburuk atau menyebarkan virus tanpa sadar ke orang lain.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan pilek dan COVID-19 yang ringan memiliki gejala mirip mulai dari sakit tenggorokan, kelelahan, batuk, serta sakit kepala.

Menurut ahli medis sekaligus kolumnis, Leana Wen, beberapa gejala tersebut sebetulnya bisa memiliki ciri khas yang dapat dibedakan. Sebagai contoh batuk pada gejala COVID-19 cenderung kering atau minim dahak.

Lebih jauh anak yang pilek biasanya kesulitan mencium bebauan karena hidung yang tersumbat oleh ingus. Sementara pada COVID-19, kesulitan mencium bebauan dapat terjadi tanpa adanya keluhan hidung tersumbat.

Anak yang mengidap COVID-19 juga dapat mengalami keluhan mual, muntah-muntah, dan diare yang jarang terjadi pada penyakit pilek biasa.

"Saya mendorong agar orang tua memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dan tidak menyuruh anak ke sekolah bila sedang merasa tidak sehat atau mengalami gejala mirip COVID-19," kata Leana seperti dikutip dari CNN, Selasa (10/8/2021).



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)