Selasa, 10 Agu 2021 22:37 WIB

Baru Terima 3.374 Dosis, Bantul Mulai Suntikkan Booster Moderna ke Nakes

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Vaksin dosin ketiga atau booster diberikan untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8). Vaksin yang diberikan adalah vaksin Moderna. Foto: Pradita Utama
Bantul -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul mulai menyuntikkan booster vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan (nakes) hari ini. Bantul menerima 3.374 dosis, padahal ada tercatat ada 8.451 di Bantul.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja mengatakan, bahwa tercatat ada 8.451 nakes yang menerima Moderna di Bantul. Namun sampai saat ini yang telah mengisi pakta integritas ada 5.915 nakes.

"Untuk vaksin Moderna yang datang kemarin 3.374 dosis. Nanti bertahap, yang jelas kita baru bisa ambil 3.374 dosis," katanya saat ditemui di Puskesmas Bambanglipuro, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Selasa (10/8/2021).

Karena itu, untuk tahap awal pihaknya baru akan memvaksinasi 5.915 nakes di Bantul. Terkait kekurangan vaksin Moderna untuk nakes di Bantul, Agus menyatakan tidak ada kendala.

"Nanti kalau kurang kita akan meminta tambahan vaksin Moderna. Toh, cold chain kita kapasitasnya juga terbatas. Sehingga ya harus bertahap," ujarnya.

Terlepas dari hal tersebut, Agus mengungkapkan adanya vaksin Moderna untuk masyarakat. Namun dengan catatan nakes telah selesai mendapatkan booster.

"Pemberian bertahap, mudah-mudahan kebutuhan vaksin nakes terpenuhi, kan nanti ada Moderna untuk masyarakat juga. Kalau kapannya ya kita tunggu vaksinnya, kita selesaikan dulu nakes untuk Moderna karena prioritas. Kalau nakes aman kan bisa melayani dengan maksimal setelah itu baru kita ikuti juklak (petunjuk pelaksanaan)," ucapnya.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)