Rabu, 18 Agu 2021 20:01 WIB

PERSI: Corona RI Bak Kapal Besar Dihadang Gelombang Tinggi-Tak Tahu Kapan Usai

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Bangkok, Thailand - Mar 2020 : Crowd of unrecognizable business people wearing surgical mask for prevent coronavirus Outbreak in rush hour working day on March 18, 2020 at Bangkok transportation Foto: Getty Images/Tzido
Jakarta -

Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Kuntjoro Purjanto angkat bicara soal kondisi Corona di Indonesia. Menurut dia, saat ini Indonesia bak berada di kapal besar dengan gelombang Corona yang bisa menerjang kapan saja, tak jelas kapan selesainya.

"Saya berharap pemerintah juga mempertimbangkan, karena pada saat ini kita semua tuh sedang di dalam kapal besar, yang sedang mengalami gelombang yang tinggi, kemudian rendah nanti ada lagi dan sebagainya," ungkap dia dalam konferensi pers Seruan Kebangsaan bersama organisasi profesi, Rabu (18/8/2021).

"Yang belum jelas gelombang itu. Untuk mendorong kapal ini sampai ke tujuan yang secara afirmatif saya berkehendak bahwa COVID-19 itu hilang dari bumi pertiwi ini, Indonesia kuat, Indonesia tumbuh, dan Indonesia sehat," sambung dia.

Kuntjoro mewanti-wanti jangan sampai rumah sakit kemudian menjadi sakit, tidak bisa menangani pasien secara optimal. Hal ini disebutnya bisa dicegah dengan pengawasan di hulu dan masifnya testing hingga tracing.

Tidak sedikit tenaga kesehatan yang berguguran disoroti Kuntjoro menjadi perhatian bersama ke depan agar pemerintah bisa memfasilitasi seluruh kebutuhan termasuk alat pelindung diri para nakes, di garda terdepan. Pada akhirnya, jika hulu tak tertangani, bukan tidak mungkin setiap RS kesulitan menjaga pelayanan bermutu.

"Jangan sampai rumah sakitnya menjadi sakit, tenaga kesehatannya tidak terjaga yang mengakibatkan konsistensi terhadap pelayanan bermutu tidak akan tercapai," kata dia.

Kendati demikian, Kuntjoro menjamin seluruh pihak RS selama pandemi COVID-19 bekerja keras menangani pasien-pasien Corona.

"Saya menjamin saat COVID-19 ini komitmen sivitas hospitalia terhadap penanganan COVID-19 luar biasa, sekaligus itu merupakan kebanggaan," pungkasnya.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)