Kamis, 19 Agu 2021 08:06 WIB

Cegah COVID-19, Ini Jenis Masker Terbaik untuk Anak

Ayunda Septiani - detikHealth
A mother wearing surgical mask helps daughter putting home made face mask during coronavirus pandemic. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/Morsa Images)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 menjadikan masker sebagai kebutuhan sehari-hari untuk menunjang aktivitas di luar rumah. Agar terlindungi secara maksimal dari paparan virus Corona, kamu perlu menggunakan masker yang tepat.

Sama halnya seperti orang dewasa, masker juga dibutuhkan oleh anak usia 2 tahun ke atas untuk melindunginya dari virus yang mengintai.

Masker apa sih yang terbaik untuk anak?

Seorang dokter anak mengatakan masker terbaik untuk anak adalah masker yang mau mereka pakai.

"Jika anak sudah mengenakan masker yang mereka sukai selama setahun terakhir dan itu masih cocok dengan ukuran tulang hidung mereka, dan tidak ada celah di samping dan menutupi dagu mereka," jelas dokter anak Tanya Altmann dari Chrildren's Hospital Los Angeles, seperti dikutip dari laman CNN.

Altmann menambahkan, jika masker yang dipakai setiap hari, maka kamu bisa cuci maskernya di penghujung hari.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menganjurkan untuk memilih masker yang memang khusus dibuat untuk anak. Selain itu, pedoman masker yang baik pada umumnya juga berlaku pada masker anak, yakni:

  • Ukurannya harus pas
  • Masker harus menutupi hidung dan mulut anak
  • Setidaknya dua lapisan dengan bahan yang bisa dicuci dan mudah bernapas

Catatan penting, CDC tidak menganjurkan masker digunakan pada anak usia di bawah 2 tahun. Bukan berarti anak di bawah usia tersebut bebas ke mana-mana tanpa masker, justru sebaiknya mereka menghindari tempat-tempat yang punya risiko penularan yang tinggi.



Simak Video "Yuk Sama-sama Pakai Masker Dobel, Risiko Penularan Turun Sampai 95%!"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)